Beauty

Cuaca Panas, Begini Cara Merawat Kulit Agar Tetap Fresh

Di cuaca panas seperti ini, kamu mesti ekstra waspada pada perawatan kulit. Tujuannya, supaya kulit tetap fresh meski matahari bersinar terik.

Vania Rossa

Ilustrasi merawat kulit. (Pixabay)
Ilustrasi merawat kulit. (Pixabay)

Dewiku.com - Cuaca sedang terik-teriknya, nih, bikin kamu malas untuk keluar rumah. Di saat seperti ini, kamu mesti ekstra waspada pada musuh kecantikan, seperti sinar matahari, debu, dan keringat. Itu artinya, kamu harus cek ulang caramu merawat kulit agar tetap fresh meski panas menyengat.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk merawat kulit di cuaca panas seperti sekarang ini.

Tambahkan sunscreen
Kalau sebelumnya kamu malas memakai sunscreen karena teksturnya yang berat dan cenderung menutup pori, kali ini tidak ada alasan bagi kamu untuk menghindarinya.

Pilih sunscreen dengan tekstur ringan seperti losion namun menawarkan SPF tinggi untuk melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB. Pilih juga sunscreen dengan tambahan antioksidan bervitamin E yang akan menjaga sekaligus menangkal efek polusi pada kulit kamu.

Berpisah sementara dengan foundation
Dengan meningkatnya suhu di luar ruangan dan kelembapan yang semakin tinggi, rasanya kamu tidak terlalu membutuhkan foundation untuk kegiatan sehari-hari, apalagi jika kamu lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan. Foundation dan cuaca yang panas bukanlah kombinasi yang baik.

Sebagai gantinya, kamu cukup memakai pelembab yang ringan dan memberi hidrasi yang tahan lama pada kulit. Misalnya, pelembab berbahan dasar air.

Harus lebih rajin membersihkan wajah
Jika biasanya kamu hanya membersihkan wajah di malam hari sebelum tidur, kali ini tingkatkan frekuensinya menjadi dua kali sehari. Misal, saat bangun tidur, atau siang hari ketika wajah terasa sangat kotor akibat terpapar debu di jalanan.

Pilih produk pembersih wajah yang agak kuat, misal yang mengandung butiran scrub untuk membantu pembersihan sampai ke dalam pori-pori.

Tambahkan eksfoliasi dalam perawatan mingguan
Eksfoliasi atau proses pengelupasan mungkin tak terpikirkan sebelumnya oleh kamu. Tapi di musim panas seperti ini, eksfoliasi wajib dilakukan setidaknya seminggu sekali. Selama musim panas, kulit kamu lebih sering terpapar dengan sisa-sisa sunscreen, keringat, minyak berlebih, dan sisa riasan yang semuanya membuat kulit wajah tampak kusam.

Nah, eksfoliasi akan membantu mengangkat semua tumpukan kotoran tersebut dan membuat kulit kamu tetap kinclong meski setiap hari kepanasan. Untuk hasil yang memuaskan, pilih produk scrub yang dibuat menggunakan ekstrak buah asli, yang secara alami akan membantu pengelupasan kulit dengan lembut.

Berita Terkait

Berita Terkini