Beauty

Dear Cantik, Ini Urutan Pemakaian K - Beauty yang Tepat! (Part 2)

Melanjutkan tulisan sebelumnya, begini urutan perawatan skincare k-beauty yang lengkap.

Rendy Adrikni Sadikin | Rima Suliastini

Son Naeun/instagram@marcellasne_
Son Naeun/instagram@marcellasne_

Dewiku.com - K-Beauty atau skincare Korea sedang tren belakangan ini. Bukan tanpa alasan, karena hasilnya sudah terlihat nyata seperti yang terlihat pada wajah seleb Korea yang glowing natural. Tapi urutan menggunakan K-Beauty ini ternyata tidak semudah bayanganmu.

K-Beauty butuh lebih banyak waktu dan kesabaran dalam aplikasinya, karena paling tidak kita akan memakai 10 produk dalam wajah kita.

Umumnya, orang Korea akan menggunakan skincare dari yang paling cair dan tekstur cairannya akan meningkat hingga yang paling kental.

Bukan cuma tekstur cairan, perawatan wajah orang korea pun akan lebih kompleks pada malam hari, karena pada malam hari, wajah sudah terkontaminasi oleh banyak debu dan kotoran.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan Dewiku.com berikut ini, agar kalian tidak salah langkah dalam menggunakan K-Beauty.

untuk merawat satu permasalahan kulit, sedangkan serum terdiri dari beberapa bahan memiliki konsentrasi tinggi untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit.

k- beauty/pinterest.com

k- beauty/pinterest.com

Sheet Mask

Jika selama ini kamu menggunakan masker wajah pada siang hari, maka sebaiknya kamu mengubah kebiasaan itu. Menurut pakarnya, sheet mask lebih baik digunakan pada malam hari setelah mengaplikasikan serum wajah.

Tidak usah setiap hari, cukup dilakukan rutin 2 atau 3 kali seminggu saja. Jika digunakan malam hari, masker wajah dapat membantu "mengunci" produk-produk skincare yang telah digunakan sebelumnya agar semakin efektif. 

Essential Oil

Untuk kulit kering atau sensitive, perawatan wajahmu harus lebih kompleks dengan menggunakan essential oil, karena kandungan jojoba oil, argan oil, tea tree oil, hingga kombinasi berbagai macam jenis essential oil untuk mengatasi permasalahan pada kulit wajah.

Umumnya, essential oil dicampur beberapa tetes dan digunakan bersamaan dengan pengaplikasian emulsion, lotion, maupun cream.

Emulsion

Untuk kulit kombinasi dan cenderung berminyak, maka penggunaan emulsion akan lebih baik, meskipun hampir semua rangkaian produk skincare dari Korea memiliki emulsion, atau produk pelembap dengan tekstur yang ringan.

Biasanya teksturnya mirip seperti lotion yang mengandung susu dan berwarna agak putih.

k- beauty/pinterest.com

k- beauty/pinterest.com

Eye Cream

Eye cream dibutuhkan untuk merawat kulit sekitar mata karena bagian ini adalah bagian kulit yang paling tipis, namun juga merupakan bagian yang paling cepat mengalami penuaan.

Saat usia bertambah, kamu akan merasa daerah mata menjadi lebih kering dan lebih kendur.

Lotion

Lotion wajah asal Korea biasanya memiliki konsistensi yang lebih kental dari emulsion, namun tidak sekental cream untuk wajah.

Umumnya, lotion juga dibarengi dengan berbagai macam efek untuk solusi terhadap permasalahan kulit seperti efek whitening dan moisturizing.

Day Cream dan Night Cream

Day cream yang digunakan pagi hari biasanya sudah dipenuhi dengan kandungan nutrisi yang dapat memperbaiki lapisan pelindung kulit, meningkatkan elastisitas kulit, dan mampu merangsang produksi kolagen pada kulit.

Sedangkan night cream akan berfungsi dengan baik di saat kamu tidur. Biasanya, night cream mengandung banyak nutrisi dan mampu menjaga kelembapan kulitmu hingga saat kamu terbangun nanti.

Sleeping Mask

Sebelum tidur, setelah menggunakan serangkaian perawatan sebelum tidur, jangan lupa gunakan sleeping mask. Masker wajah ini digunakan sebelum tidur dan baru dibilas keesokan harinya.

Sleeping mask ini bertujuan untuk "mengunci" agar semua produk skincare yang telah kamu gunakan di tahap-tahap sebelumnya tidak mengering di saat tidur.

k- beauty/pinterest.com

k- beauty/pinterest.com

Sunblock

Lengkapi produk skincare K-Beauty milikimu dengan sunblock. Sesuai namanya, sunblock berfungsi melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari.

Tahukah kamu, 90% penyebab kulit menua karena disebabkan oleh paparan sinar matahari. Dengan mengaplikasikan sunblock setiap hari mulai usia belia, kamu akan membantu mencegah penuaan pada wajahmu sendiri.

Berita Terkait

Berita Terkini