Bahaya Buat Kesehatan, Cek Apa Sampo Kamu Mengandung 4 Bahan Ini

Tahukah kamu, sampo mengandung begitu banyak bahan kimia yang tidak semuanya aman untuk rambut dan kulit kepala kamu.

By: Vania Rossa icon Rabu, 13 Juni 2018 icon 15:14 WIB
Bahaya Buat Kesehatan, Cek Apa Sampo Kamu Mengandung 4 Bahan Ini

Ilustrasi perempuan keramas. (Pixabay)

Yakin, deh, kamu pasti jarang banget membaca label saat memilih sampo. Kebanyakan dari kamu mungkin cenderung memilih sampo berdasarkan wanginya yang enak, serta manfaat yang ditawarkan sampo tersebut lewat iklan.

Padahal, tahukah kamu kalau sampo mengandung begitu banyak bahan kimia yang tidak semuanya aman untuk rambut dan kulit kepala kamu. Nah, mulai sekarang, ubah kebiasaan kamu saat memilih sampo, dan biasakan untuk membaca label untuk mengetahui apakah sampo yang kamu pilih mengandung bahan-bahan berbahaya berikut.

Ilustrasi sampo. (Pixabay)

Paraben
Meskipun lebih sering ditemukan dalam perawatan kulit, paraben juga ditemukan di beberapa produk perawatan rambut, termasuk sampo. Paraben hadir dalam bentuk methylparaben, benzylparaben, butylparaben, dan propylparaben, yang menawarkan khasiat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Penelitian telah menghubungkan paraben dengan kanker payudara, mengingat senyawa kimia ini juga ditemukan pada beberapa tumor payudara meski kekuatan hubungan ini masih belum jelas.

Formaldehida
Sampo mengandung pengawet yang memproduksi formaldehida seperti quaternium-15, diazolidinyl urea, DMDM hydantoin, bronopol, atau imidazolidinyl urea. Jika terhirup, bahan-bahan tersebut dapat sangat merusak.

Formaldehida diketahui menyebabkan kerusakan DNA dan kanker. Paling berbahaya ketika terhirup. Dalam bentuk cair, formaldehida dapat diserap melalui kulit. Selain menjadi karsinogenik, formaldehida dan senyawa pelepasnya dapat menyebabkan reaksi alergi, termasuk iritasi kulit dan asma.

Sulfat
Sulfat cukup banyak digunakan untuk berbagai produk kecantikan. Padahal faktanya, sulfat bisa sangat merugikan rambut kamu, membuat batang rambut menjadi rapuh, dan dalam beberapa kasus menimbulkan eksim. Sulfat sering hadir dalam bentuk sodium laureth sulfate dan sodium lauryl sulphate, sejenis deterjen yang digunakan untuk menghasilkan busa berlimpah.

Sulfat digunakan secara luas dalam industri kosmetik sebagai surfaktan yang menjebak kotoran dan minyak sehingga dapat dibilas dengan air.

Ada kekhawatiran bahwa bahan kimia ini mungkin bersifat karsinogenik atau mengiritasi, sehingga beberapa produsen saat ini sudah mulai menghindarinya dan menggunakan alternatif seperti amonium laureth sulfat yang lebih lembut.

Pewangi
Salah satu bahan paling umum dalam produk pembersih rambut modern adalah pewangi. Meski membuat rambut menjadi harum, beberapa jenis pewangi bisa menimbulkan reaksi alergi atau memperparah gejala asma.

Wewangian dapat mengandung sejumlah bahan kimia yang mengganggu kerja hormon endokrin, dan termasuk di antara lima alergen teratas di dunia. Tapi kalau kamu tidak memiliki kulit kepala yang sensitif, sebagian besar jenis wewangian aman, kok.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI