Beauty

Ini yang Menyebabkan Kulit Ketiakmu Hitam

Kulit ketiak hitam emang bikin enggak pede, mungkin ini penyebabnya yang harus kamu hindari.

Rendy Adrikni Sadikin | Yasinta Rahmawati

pixabay.com
pixabay.com

Dewiku.com - Penampilan merupakan hal penting bagi cewek, terlebih memiliki kulit mulus dan warna merata menjadi idaman. Namun sayangnya, ada salah satu bagian yang cukup bikin kesal, yakni kulit ketiak.

Enggak semua cewek punya kulit ketiak yang cerah. Hal ini membuat banyak wanita tidak pede memamerkan ketiaknya, padahal di hati yang terdalam kepingin banget pakai atasan tanpa lengan.

Terus apa sih sebenarnya yang membuat kulit ketiak jadi gelap? Yuk cari tahu penyebabnya lewat ulasan berikut.

1. Iritasi Akibat Mencukur

Sebaiknya kamu berhati-hati saat mencukur rambut ketiak. Sebab, daerah kulit ketiak tergolong sensitif dan rentan terhadap iritasi yang berujung pada dark underarms.

Untuk menghindarinya, lebih baik lakukan pencukuran setelah mandi agar permukaan ketiak terasa lebih lembap dan halus. Disarankan juga untuk mengoleskan sedikit krim pencukur untuk mengurangi risiko iritasi

2. Faktor Hormon

Rupanya hormone yang tidak seimbang berpengaruh pada warna kulit ketiak,lho, seperti misalnya saat menstruasi. Terkadang saat menstruasi hormon perempuan meningkat dan menyebabkan perubahan kondisi kulit. Akibatnya, daerah lipatan seperti kulit ketiak menghitam.

3. Penumpukan Sel Kulit Mati

Masalah ketiak hitam juga sering kali disebabkan oleh penumpukan bakteri dari keringat berlebih dan sel kulit mati. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan perawatan ketiak dengan rajin menggosoknya dan menggunakan produk deodorant yang mengontrol produksi kelenjar keringat dan bisa mencerahkan warna kulit ketiak. 

4. Mengenakan pakaian ketat

Kamu suka mengenakan kaus atau atasan yang ketat? Hati-hati, pakaian yang terlalu ketat dapat mempersulit ruang gerak tubuh, sehingga permukaan kulit ketiak akan bergesekkan dengan kain pakaianmu yang dapat memicu perubahan warna kulit menjadi hitam. 

Berita Terkait

Berita Terkini