Ini Bedanya Physical dan Chemical Sunscreen

Sebelum membeli, kenali dulu yuk dua jenis sunscreen berikut. Kira-kira mana yang lebih cocok untukmu?

By: Rendy Adrikni Sadikin icon Kamis, 14 Juni 2018 icon 11:31 WIB
Ini Bedanya Physical dan Chemical Sunscreen

pixabay.com

Saat beraktivitas di luar ruangan, wajib hukumnya memakai sunscreen agar wajah terlindung dari sinar matahari.

Efek buruk sinar UVA dan UVB yang dihasilkan oleh sinar matahari tak hanya membuat kulitmu menjadi terbakar, namun juga bisa menimbulkan penuaan dini bahkan kanker kulit. 

Seberapa efektif sunscreen bisa melindungi kulit kamu tergantung dari tinggi atau rendahnya kandungan Sun Protection Factor (SPF) yang ada dalam sunscreen.

Makin tinggi kadar SPF, berarti makin tinggi kemampuan sunscreen dalam melindungi kulit kamu.

Namun rupanya sunscreen sendiri memiliki dua jenis, lho. Yaitu Chemical dan Physical Sunscreen. Pernah dengar? Yuk bahas perbedaannya bareng Dewiku.com!

1. Chemical Sunscreen

femaledaily.com

Femaledaily.com

Chemical sunscreen bekerja dengan menembus jariangan epidermis dan dermis, ia akan menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi panas. Energi panas tersebut akan dilepaskan lewat permukaan kulit.

Teksturnya jauh lebih encer dibanding physical, sehingga lebih gampang diserap oleh kulit. Cocok untuk kamu yang punya kulit berminyak. Biasanya chemical Sunscreen ini mengandung Avobenzone, Oxybenzone dan Octisalate.

Namun biasanya chemical sunscreen juga mengandung alkohol sehingga bisa rentan menimbulkan reaksi alergi pada kulit perempuan.

Semakin tinggi kandungan SPF yang ada dalam chemical sunscreen, makin tinggi pula kemungkinan kamu untuk mengalami reaksi alergi. Jadi sebaiknya hindari yang ada kandungan alkoholnya ya.

Merek-merek yang bisa kamu coba antara lain Emina Sun Protection SPF 30 PA+++ dan Wardah Sunscreen Gel SPF 30+.

2. Physical Sunscreen

femaledaily.com

Femaledaily.com

Berbeda dengan chemical sunscreen, physical sunscreen bekerja dengan cara melindungi permukaan kulitmu dengan membuat lapisan baru yang menghalangi dan memantulkan sinar matahari pada permukaan kulit.

Biasanya, physical sunscreen memiliki kandungan utama Titanium Dioxide dan Zinc dan  bertekstur lebih kental dan tidak meresap ke kulit, sehingga bagi pemilik kulit sensitive dianjurkan memakai jenis ini.

Tapi kalau  kulit kamu berminyak dan berjerawat lebih baik menghindarinya karena physical sunscreen berpotensi lebih tinggi untuk menyumbat pori-pori.

Beberepa merek yang bisa dicoba antara lain Skin Aqua UV Moisture Milk, Cetaphil UVA/UVB Defense dan Innisfree Perfect UV Protection Cream Triple Care.

Dewiku.com/Yasinta Rahmawati

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI