Beauty

Waspada! Bahan Kimia Ini Perlu Dihindari si Kulit Sensitif

Coba cek, apakah bahan kimia berikut ada dalam skincare atau kosmetikmu sekarang juga!

Rendy Adrikni Sadikin | Yasinta Rahmawati

pexels.com
pexels.com

Dewiku.com - Memiliki kulit wajah sensitif kadang bikin kesal sebab membutuhkan perhatian ekstra.

Pemilik kulit sensitif kerap mengalami gejala kemerahan, kering dan gatal pada kulitnya. Maka dari itu, enggak bisa yang namanya sembarangan mencoba produk seperti kosmetik atau skincare baru, kalau enggak cocok bisa-bisa iritasi.

Kalau kamu salah satu pemilik kulit sensitif, perlu kejelian dalam membaca kandungan produk skincare atau kosmetik. Berikut Dewiku.com lansir dari berbagai sumber beberapa kandungan bahan kimia yang perlu kamu hindari.

1. Petrolatum

Merupakan sebuah produk sampingan dari produksi minyak bumi atau bensin. Biasanya terdapat di produk pelembab karena efeknya yang melembabkan.

Salah satu yang familiar adalah petroleum jelly. Tidak disarankan memakainya untuk kulit wajah karena bisa menyumbat pori.

2. Pewarna Sintetis

Bahan sintetis warna diyakini sebagai penyebab kanker. Jika dalam produk kosmetik tertera kandungan pewarna sintetis seperti rhodamin B, jangan sekali-kali menggunakannya.

Selain itu lihat apakah ada kandungan FD &C pada komposisi yang tercantum, kalau ada berarti produk tersebut juga menggunakan pewarna sintetis yang bisa bikin iritasi.

3. METHYL , PROPYL , BUTYL , dan ETHYL PARABEN

Bahan ini berguna untuk memperpanjang waktukadaluarsa. Meskipun diketahui beracun, namun kandungan ini masih banyak digunakan. Efek yang mungkin terjadi adalah timbul banyak reaksi alergi dan ruam kulit.

4. Comedogens

Bahan comedogenic biasanya ditemukan pada makeup, tabir surya serta produk skincare lainnya. Di satu sisi bahan ini bisa mengatasi problem kulit, namun di sisi lain ia dapat menyebabkan kulit berkomedo dan berjerawat.

Bahan yang termasuk comedogenic misalnya asetat Lanolin Alkohol , Ethylhexyl palmitate , Sodium Laureth Sulfate, dan Kalium Klorida.

5. Amioda - Amine Surfaktan

Sebagian deterjen atau sabun cuci ternyata diketahui mengandung natrium lauril sulfat. Bahan ini menyebabkan iritasi pada kulit dan kemerahan setelah menggunakannya.

Nama lain dari bahan ini adalah Cocamidopropylbetaine, Dimethylaminopropylamine, Oleamidopropyldimethylamine, dan Stearamidopropyl Dimethylamine.

Dewiku.com/Yasinta Rahmawati

Berita Terkait

Berita Terkini