Hentikan Penggunaan Skincare jika Kulitmu Berikan 4 Sinyal Ini

Ada baiknya kamu perhatikan sinyal yang diberikan oleh kulit ketika memakai produk skincare.

By: Tinwarotul Fatonah icon Minggu, 17 Juni 2018 icon 14:00 WIB
Hentikan Penggunaan Skincare jika Kulitmu Berikan 4 Sinyal Ini

ilustrasi/pinterest.com

Menggunakan skincare atau produk perawatan kulit sangat wajar, apalagi jika kulit wajah kita termasuk yang bermasalah dan butuh perawatan khusus.

Tapi jangan asal menggunakan skincare ya cantik! Apalagi jika kamu menggunakan skincare karena coba-coba atau atas rekomendasi orang lain.

Prinsipnya, setiap kulit memiliki karakternya masing-masing. Jika sahabatmu cocok memakai krim perawatan A, maka belum tentu kulit kamu juga cocok dengan perawatan yang sama.

Ada baiknya kamu perhatikan sinyal yang diberikan oleh kulit setelah kamu memakai produk skincare selama beberapa waktu. Jika sinyal menolak masih terus diberikan oleh kulit, bisa jadi produk pilihanmu tidak cocok.

ilustrasi/pinterest.com

ilustrasi/pinterest.com

Jerawat

Jerawat adalah sinyal awal yang paling sering diberikan kulit wajah ketika menolak sebuah produk skincare tertentu. Selain jerawat, masih ada gejala penolakan lain seperti bruntusan dan komedo yang tiba-tiba datang menggila.

Kulit mengelupas

Ada beberapa skincare yang memiliki cara bekerja yang ekstrim seperti pengelupasan kulit secara berkala. Namun jika kulitmu mengalami pengelupasan kulit yang berlebihan, sebaiknya kita lebih bijak menerima sinyal dan cepat menyadari bahwa kulitmu sedang tersiksa.  Kemungkinan kulitmu tidak cocok dengan proses seperti itu.

Jerawat/pixabay.com

Jerawat/pixabay.com

Gatal

Rasa gatal bisa terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah tidak cocoknya skincare pada kulit. Tidak semua rasa gatal akan dibarengi dengan kulit meradang, namun biasanya kulit akan memberikan sinyal ini jika kamu masih ngotot mengaplikasikan skincare tersebut pada kulit.

Kulit kering

Salah satu kandungan yang sering terdapat dalam produk skincare adalah alkohol. Biasanya kulit wajah yang sehat akan lebih sensitif menerima kehadiran alkohol dalam produk skincare. Gejala awalnya adalah kulit terasa kering dan kaku. Jadi sebaiknya hindari skincare yang memiliki kandungan alkohol berlebihan agar wajah tetap nyaman.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI