Inilah Kebiasaan yang Bikin Kamu Jadi Dipanggil Muka Boros

Sering dianggap sepele tapi ternyata berpengaruh banget.

By: Tinwarotul Fatonah icon Selasa, 19 Juni 2018 icon 19:00 WIB
Inilah Kebiasaan yang Bikin Kamu Jadi Dipanggil Muka Boros

Ilustrasi foto / pexels.com

Tidak ada yang suka dikatain muka boros sama orang lain. Pasti rasanya menyebalkan kalau itu juga terjadi pada kamu. Masih muda begini kok dikomentari kelihatan lebih tua. Memangnya apa yang salah?

Girls, coba lakukan introspeksi sedikit deh. Jangan-jangan selama ini kamu punya kebiasaan yang bikin kamu dapat predikat muka boros.

1. Wajahmu terlalu sering terpapar matahari secara langsung

Ilustrasi foto / pexels.com www.pexels.com

Jangan biarkan wajahmu terpapar sinar matahari tanpa perlindungan apapun.  Pastikan kamu sudah mengenakan pelembap, sunscreen, atau setidaknya topi saat kamu beraktivitas di luar dalam waktu yang relatif lama.

Efek buruk sinar UV bagi wajahmu antara lain menurunkan elastisitas kulit, mempengaruhi pigmentasi sehingga akan terkesan kusam, serta mengurangi kelembapan dan kehalusan tekstur kulit yang ditandai dengan munculnya keriput maupun tanda-tanda penuaan lain. 

2. Waktu tidur minim

Ilustrasi tidur / pexels.com www.pexels.com

Tidur adalah saat yang tepat untuk meregenerasi kulit. Lalu apa jadinya kalau kamu kurang tidur? Regenerasi kulitmu jadi kurang optimal kan?

Kalau kamu mengalami kesulitan tidur, cobalah minum secangkit teh hangat, susu dengan sedikit tambahan rasa kayu manis, atau buat pikiranmu lebih rileks dengan menghirup aroma minyak esensial. Kamu juga mendengarkan musik-musik instrumental yang punya efek menenangkan. 

3. Kamu jarang tersenyum

Ilustrasi foto / pexels.com www.pexels.com

Selain bikin kamu terlihat ramah, tersenyum juga bisa membuat kecantikanmu lebih terpancar.  Pernah dengar kalau bahagia itu bisa bikin kita terlihat awet muda? Beda kalau kamu cemberut terus. Biasanya orang bakal komentar, “Kalau suka cemberut nanti cepet tua lho!”

Tersenyum juga bagian dari senam wajah lho. Pergerakan otot wajah dapat membantu kulitmu jadi lebih rileks. 

4. Kamu sering merasa stres

Jika dia melakukan tindak kekerasan, berarti dia tidak menghargaimu. www.pexels.com

Stres bisa meningkatkan sejumlah hormon yang menghambat proses antiaging alias peremajaan kulit. Jadi jangan heran kalau tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan dark circle akan lebih cepat muncul saat kamu sering mengalami stres.

Istirahatlah jika memang memang lelah. Bukan cuma istirahat secara fisik, tetapi psikologis. Kamu juga bisa meredakan stres dengan berlibur atau menikmati hobi-hobi baru.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI