Lebih Alami, Ayo Buat Sendiri Serum Vitamin C di Rumah

Banyak produk vitamin C yang dijual bebas di pasaran, tapi nggak ada salahnya kita membuat sendiri serum vitamin C di rumah.

By: Dinar Surya Oktarini icon Rabu, 20 Juni 2018 icon 09:18 WIB
Lebih Alami, Ayo Buat Sendiri Serum Vitamin C di Rumah

lemon/pinterest

Serum vitamin C sudah menjadi rahasia umum sebagai skincare yang dapat mencerahkan wajah. Kandungan vitamin C dalam serum sangat mendominasi, sehingga ampuh mencerahkan pigmen kulit. Selain mencerahkan, vitamin C juga bisa membantu pembentukan kolagen dan anti aging.

Mengingat manfaatnya, maka sudah saatnya kita menambahkan vitamin C sebagai bagian dari rutinitas perawatan wajah.

Untuk kalian yang nggak suka ribet, banyak produk vitamin C yang dijual bebas di pasaran, tapi nggak ada salahnya kita membuat sendiri serum vitamin C di rumah.

Baca Juga: Masker Alami Ini Ampuh Perbaiki Rambut Bercabang

pexels.com

pexels.com

Bahan yang kalian butuhkan cuma kulit jeruk, rose hip oil dan gel lidah buaya. Caranya, siapkan segelas air tawar dan kulit jeruk (diambil dari 1 buah jeruk). Panaskan air hingga mendidih kemudian matikan api, dan masukkan kulit jeruk tadi. Biarkan selama sekitar 15-20 menit. Diamkan hingga airnya bersuhu normal, lalu saring airnya.

Baca Juga: Begini Rahasia Kecantikan Wanita di Dunia

Setelah itu, kita bisa lanjutkan pada step berikutnya. Siapkan wadah dengan penutup rapat sebagai tempat serum. Utamakan wadah tersebut berbentuk botol kecil dengan kaca warna gelap, untuk menghindari paparan sinar matahri langsung.

Lemon/pinterest.com

pinterest.com

Campurkan satu sendok teh air rebusan kulit jeruk, setengah sendok teh rose hip oil, dan satu sendok teh gel lidah buaya. Aduk hingga rata. Campuran ini bisa bertahan hingga 2 – 3 minggu jika ditaruh dalam kulkas.

Cara penggunan serum vitamin C cukup mudah, oleskan dua kali sehari tiap pagi dan malam setelah membersihkan wajah. Tuangkan sekitar 5-10 tetes pada telapak tangan dan pijatkan secara lembut dan merata pada permukaan kulit.

Mengingat bahan yang digunakan sangat alami, maka proses pencerahan wajah dengan serum DIY ini membutuhkan waktu lebih lama. Jadi kalian harus rajin dan sabar.

Lemon/pinterest.com

pinterest.com

Satu lagi yang harus diperhatikan, kandungan vitamin C dalam serum ini dapat menyebabkan rasa perih berlebih pada kulit sensitif dan berjerawat.

Baca Juga: Rekomendasi Sheet Mask Korea di Bawah Rp 20 Ribu

Untuk yang kulit yang butuh perhatian khusus semacam itu, sebaiknya penggunaan rose hip oil diganti dengan minyak kelapa. Selamat mencoba ya cantik!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI