Bukan Cuma Dibikin Jamu, Inilah Manfaat Kunyit untuk Wajah

Pernah coba perawatan wajah pakai masker kunyit?

By: Tinwarotul Fatonah icon Rabu, 20 Juni 2018 icon 16:51 WIB
Bukan Cuma Dibikin Jamu, Inilah Manfaat Kunyit untuk Wajah

Ilustrasi masker kunyit / Pinterest

Selain untuk bumbu masakan dan minuman kesehatan, turmeric alias kunyit ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk masker wajah lho.

Khasiatnya sangat banyak, apalagi jika dicampur dengan bahan-bahan yang kaya manfaat seperti madu, susu, lemon, dan lainnya.

Wah, apa saja ya manfaatkan menggunakan masker kunyit?

1. Mengatasi masalah jerawat

Jerawat/pixabay.com www.pixabay.com

Kunyit mengandung antiseptik dan antibakteri yang mampu melawan jerawat. Campurkan bubuk kunyit dengan bubuk cendana dan perasan lemon lalu olehkan pada wajah. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

2. Mencegah tanda-tanda penuaan

Kulit kering www.pexels.com

Campurkan bubuk kunyit dengan susu dan tepung beras. Oleskan pada permukaan yang mulai keriput sembari dipijat lembut. Jika kulitmu masih kencang, masker ini juga cocok dipakai untuk mencegah datangnya kerutan, termasuk mengatasi lingkar hitam pada mata yang kelelahan.

3. Mengatasi masalah pigmentasi

Ilustrasi foto / pexels.com www.pexels.com

Kamu terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung? Kunyit memiliki antiinflamasi dan antiseptik yang dapat membantu mengatasi pigmentasi pada kulit serta memberikan efek mendinginkan.

Cukup oleskan campuran bubuk kunyit dan jus timun, lalu diamkan selama 20-30 menit. Warna kulitmu perlahan akan kembali seperti kondisi semula.

4. Mengurangi minyak pada wajah

Ilustrasi masker kunyit / Pinterest Pinterest

Kunyit dapat mengatur produksi sebum yang sering menjadi masalah bagi pemilik kulit berminyak. Buatlah masker dengan mencampurkan bubuk kunyit, bubuk cendana, dan jus jeruk. Oleskan pada wajah dan didiamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

5. Mengatasi kulit wajah kering

ilustrasi/pinterest.com Pinterest

Selain wajah berminyak, kunyit juga bermanfaat bagi wajah kering. Gunakan sedikit bubuk kunyit yang dicampurkan dengan satu butir putih telur, dua tetes minyak zaitun, perasan lemon, dan air mawar.

Olehkan ke wajah, tunggu hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat. Kulit akan menjadi lebih lembap. Bisa juga dioleskan pada kulit siku atau lutut yang kering lho.

6. Mencerahkan wajah

Ilustrasi masker kunyit / Pinterest Pinterest

Masker pencerah wajah bisa didapatkan dengan hanya mencampurkan bubuk kunyit dan madu. Aplikasikan pada wajah, biarkan selama kira-kira 10 menit hingga mengering, lalu biar dengan air dingin. Kulit akan tampak lebih cerah dan bersinar secara alami.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI