Mau Belajar Makeup? Ini Tips Dasarnya!

Buat kalian yang baru tertarik dengan rias wajah atau makeup, ada beberapa tips yang harus kalian kuasai.

By: Tinwarotul Fatonah icon Sabtu, 30 Juni 2018 icon 07:00 WIB
Mau Belajar Makeup? Ini Tips Dasarnya!

ilustrasi makeup/pinterest.com

Buat kalian yang baru tertarik dengan rias wajah atau makeup, ada beberapa tips yang harus kalian kuasai, salah satunya adalah pengetahuan dasar tentang makeup.

Selain itu, hal yang harus kalian ketahui tentang seni rias wajah adalah proses. Sebenarnya, makeup tidak memiliki aturan baku dalam aplikasinya dan dapat berkembang sesuai dengan skill. Jadi jangan langsung ‘ngoyo’ untuk menghasilkan yang paling baik ya. Yang penting adalah prosesnya.

Sudah siap dengan peralatan makeup kalian? Simak tipsnya berikut ini.

ilustrasi wanita/pinterest.com
ilustrasi wanita/pinterest.com

 

Foundation atau BB Cream?

Dasar makeup terletak pada foundation yang dipakai. Namun untuk kalian yang pemula, pemakaian BB Cream akan memberikan hasil yang natural.

Jika ingin makeup yang lebih ‘berat’ kalian bisa menggunakan foundation dan mengaplikasikannya dengan beauty blender atau spons khusus makeup.

Bedak

Setelah memakai dasar makeup, hal berikutnya yang menjadi sorotan adalah bedak. Bedak berfungsi untuk menjaga base makeup kalian agar tetap awet.

Kamu bisa menggunakan bedak tabur untuk hasil yang ringan, namun dengan resiko tidak awet.

Bedak padat lebih diandalkan untuk makeup yang tahan lama. Pilih yang sesuai dengan warna kulit kamu agar hasilnya terlihat natural.

makeup glowing/pinterest.com
makeup glowing/pinterest.com

 

Perona pipi

Blush on atau perona pipi akan memberikan efek segar pada makeup kalian. Disarankan untuk memilih blush on dengan warna yang manis, seperti soft pink atau peach.

Sapukan blush on secara diagonal dari pipi ke arah garis rambut dekat telinga. Tipis-tipis saja, agar terlihat merona alami.

Eye shadow natural

Sebaiknya kalian hindari bermain warna yang berani untuk permulaan. Warna natural lebih disarankan sampai kalian menemukan tone yang cocok untuk kulit masing-masing.

Begitu juga dengan pemilihan eye shadow, warna natural seperti coklat, krem, peach, atau pink sangat cocok untuk pemula. Baurkan di seluruh kelopak mata dan pastikan  tidak terlalu tebal.

Ilustrasi alis / Pinterest
Ilustrasi alis / Pinterest

 

Alis

Ini adalah bagian paling sensitif dalam makeup. Jika kamu salah membingkai wajah dengan alis, maka penampilanmu akan sangat berpengaruh.

Yang paling mudah dalam membentuk dan mewarnai alismu adalah dengan menggunakan pensil alis.

Sisir rapi alismu terlebih dahulu lalu arsir mengikuti bentuk dan arah tumbuh alis. 

Lipstick

Finishing touch makeup ada pada lipstick. Pilih warna natural yang sesuai dengan jiwa muda kalian, seperti pink atau coral.

Sapukan perlahan dan pastikan lipstick tidak ‘beleber’ dan rapi. Dijamin penampilanmu akan semakin cantik!

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI