Tanpa Kita Sadari, Perilaku ini Sebabkan Wajah Berjerawat

Kalian bisa menghindari jerawat jika sudah paham faktor penyebabnya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 01 Juli 2018 icon 17:45 WIB
Tanpa Kita Sadari, Perilaku ini Sebabkan Wajah Berjerawat

ilustrasi jerawat/pinterest

Apa permasalahan kulit wajah yang paling dikeluhkan wanita? Kebanyakan dari mereka pasti akan menjawab jerawat. Yup, musuh utama kaum hawa ini seolah sudah dikodratkan menjadi hal yang paling menakutkan.

Girls, jerawat bisa disebabkan oleh banyak faktor lho dan jika telaten, kita bisa mencegahnya. Simak jenis-jenis jerawat di bawah ini dan pastikan kalian bisa menghindari jerawat karena sudah paham faktor penyebabnya.

Jerawat/pixabay.com
Jerawat/pixabay.com

Jerawat karena makanan

Kita semua tahu jika makanan yang kita konsumsi akan mempengaruhi metabolisme tubuh. Hal ini juga berlaku dengan  problematika jerawat. Banyak makanan yang sifatnya ‘memancing’ jerawat nongol di wajah, seperti minyak, garam dan beberapa jenis kacang-kacangan.

Jenis makanan yang paling sering memicu jerawat bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Jadi mulai sekarang kalian bisa mencermati makanan mana yang paling berpengaruh terhadap wajah, sehingga jerawat bisa dihindari.

Jerawat karena lingkungan

Lingkungan yang kurang bersih juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Pipi dan dahi adalah bagian yang paling cepat ‘berontak’ ketika wajah terpapar debu dan kotoran secara berlebih. Kamu bisa menghindari paparan debu dengan berbagai cara, seperti memakai masker wajah ketika diluar ruangan atau memilih no smoking area ketika beraktivitas.

Membersihkan wajah secara rutin sebelum tidur juga dapat membantumu terhindar dari jerawat yang disebabkan oleh lingkungan.

Ilustrasi membasuh wajah / Pinterest
Ilustrasi membasuh wajah / Pinterest

Jerawat karena hormonal

Nah, ini biasanya dihadapi oleh wanita kebanyakan. Ketika PMS atau pre-menstruasi syndrome biasanya hormon tidak stabil, hal ini sangat berpengaruh pada jerawat. Tenang, Girls. Kulit wajahmu akan membaik setelah melewati masa datang bulan. Jerawat karena faktor hormonal biasanya timbul pada area sekitar dagu dan bibir.

Jerawat karena stres

Girls, stres bukan hanya permasalahan mental ya, keluhan fisik seperti kurang istirahat juga dapat menimbulkan jerawat di wajah. Jerawat karena stres ini biasanya akan dibarengi dengan produksi minyak berlebih pada wajah, sehingga lebih mudah terinfeksi bakteri. Itulah kenapa jerawat karena stress umumnya lebih besar dan terlihat meradang dibandingkan faktor lainnya. Jerawat jenis ini biasanya tumbuh di dahi, pelipis dan daun telinga.

Jaga kesehatan tubuh dan beristirahat cukup dapat membuatmu rileks dan terhindar dari stres, sehingga jerawat bisa dihindari.

Ilustrasi tidur / Pinterest
Ilustrasi tidur / Pinterest

Salah gunakan skincare

Hayo, ngaku siapa yang sering gonta ganti skincare? Penggunaan produk yang tidak tepat bisa menimbulkan jerawat di semua area wajah. Agar terhindar dari jerawat jenis ini, kalian bisa berhenti gonta-ganti skincare. Jika ingin mencoba skincare baru, sebaiknya tunggu 2 sampai 3 bulan karena pada masa itu biasanya skincare sedang bekerja untuk memberikan hasil maksimal.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI