Beauty

5 Tanda Sampo yang Kamu Gunakan Nggak Cocok untuk Rambutmu

Kalau kamu mengalami salah satunya, segera ganti saja sampomu.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Hair/pinterest.com
Hair/pinterest.com

Dewiku.com - Rambut adalah mahkota bagi setiap cewek yang mana kadang butuh perawatan ekstra. Sampo pun menjadi hal paling dasar untuk perawatan rambut.

Tapi karena banyaknya produk sampo di luar sana, sering kali kita tergoda untuk mencoba-coba. Padahal belum tentu sampo tersebut cocok. Kalau kamu menemui tanda-tanda ini usai keramas, bisa jadi sampo yang sedang kamu gunakan nggak cocok. Jangan dibiarkan, karena bisa menyebabkan kerusakan rambut jangka panjang.

1. Rambut rapuh 

Rambut yang rapuh ditandai dengan sangat kering dan rusak. Teksturnya juga kasar dan gampang patah. Hal ini bisa diakibatkan kandungan silikon atau alkohol terlalu tinggi yang dapat membuat rambut kekurangan kelembapan.

Hair/pinterest.com
Hair/pinterest.com

2. Gatal

Kalau usai keramas menggunakan sampo baru kulit kepala menjadi gatal, berarti sampo barumu nggak cocok. Penyebab kulit kepala gatal ada dua, kulit kepala kering dan ketombe. Mungkin saja ada kandungan dalam sampo tersebut yang menyebabkan keduanya.

3. Kusut

Tanda selanjutnya yang sepele namun cukup mengganggu adalah rambut jadi kusut. Bisa jadi ini disebabkan oleh sampo baru yang menghalangi rambut untuk menyerap kelembapan. Hasilnya rambut jadi kering dan susah diatur deh.

Hair/pinterest.com
Hair/pinterest.com

4. Rontok

Jika kerontokan rambut hanya sementara, hal itu wajar-wajar saja. Hal yang perlu diwaspadai adalah rambut selalu rontok sehabis memakai sampo tersebut dan makin hari kerontokannya makin banyak. Segera saja deh ganti sampomu.

5. Berminyak dan lengket

Kebalikan dari rambut kering, rambutmu malah jadi berminyak dan lengket usai keramas. Cepat cuci rambut hingga bersih dengan menggunakan sampo lain kemudian periksa kembali daftar bahan protein yang terkandung di dalamnya. Soalnya, beberapa jenis rambut mungkin nggak cocok dengan kandungan protein tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini