3 Pelembap Alami untuk Perawatan Kecantikan Wajah Kulit Berminyak

Semuanya bisa kamu bikin sendiri di rumah.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 05 Juli 2018 icon 09:15 WIB
3 Pelembap Alami untuk Perawatan Kecantikan Wajah Kulit Berminyak

Ilustrasi wajah perempuan / Pexels.com

Siapa bilang wajah dengan kulit berminyak tidak membutuhkan pelembap? Karena sudah terlalu lembap begitu? Girls, nyatanya kulit berminyak juga membutuhkan asupan moisturiser. Jadi bukan cuma dibersihkan biar minyaknya berkurang saja, tapi juga dijaga kelembapannya.

Kamu hanya perlu memilih dan memadukan beberapa bahan yang bersahabat untuk perawatan kecantikan wajah dengan tipe kulit berminyak. Tidak harus beli skincare mahal juga. Kamu bahkan bisa meracik pelembap alami sendiri di rumah. Yuk, intip resepnya yang dilansir dari Boldsky.com berikut ini.

Kelopak bunga mawar

Ilustrasi air mawar / pixabay.com
Ilustrasi air mawar / pixabay.com

Siapkan secangkir kelopak bunga mawar, air mawar, dan aloe vera gel. Rebus kelopak mawar bersama beberapa tetes air mawar, lalu tiriskan. Setelah air rebusan mawar dingin, tambahkan aloe vera gel secukupnya. Aduk rata dan dinginkan kembali, lalu simpan dalam kulkas. Pelembab alami ini pun sudah bisa kamu gunakan.

Air mawar sangat efektif untuk membersihkan berbagai kotoran yang menempel pada wajah. Di sisi lain, aloe vera atau lidah buaya membantu kulit tetap terhidrasi, lembab, dan juga terlihat lebih cerah.

Susu dan minyak zaitun

Ilustrasi susu murni / Pixabay.com
Ilustrasi susu murni / Pixabay.com

Masukkan 1/4 cangkir susu murni, tambahkan beberapa tetes minyak zaitun, lalu aduk rata. Setelah itu, tambahkan sedikit air perasan lemon, lalu campurkan. Simpel banget kan?

Susu mengandung asam laktat yang berfungsi membantu melembapkan kulit. Wajah akan terlihat lebih sehat dan terhidrasi dengan baik.

Teh hijau dan madu

Ilustrasi minuman teh hijau / Pixabay.com
Ilustrasi minuman teh hijau / Pixabay.com

Siapkan secangkir teh hijau dan sudah dingin. Tambahkan madu sebanyak 1 sendok teh dan 2 sendok teh gliserin. Terakhir, masukkan air perasan lemon sebanyak 1 sendok teh, aduk hingga semua bahan tercampur.

Selain melembabkan, madu juga membantu menjaga keseimbangan pH alami pada kulit. Lemon sendiri seperti biasa berfungsi sebagai pencerah alami.

Pelembap alami ini tidak hanya bisa diaplikasikan ke wajah dengan tipe kulit berminyak, tapi juga bagian tubuh lainnya. Gunakan pada malam hari sebelum tidur untuk hasil terbaik.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI