Ini Lho Penyebab dan Jenis Ketombe pada Rambut

Sebelum mengobatinya, sebaiknya kamu kenali dulu penyebab dan jenis-jenis ketombe.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 05 Juli 2018 icon 10:45 WIB
Ini Lho Penyebab dan Jenis Ketombe pada Rambut

Ilustrasi rambut sehat.

Apakah kalian pernah merasa gatal pada kulit kepala dan serpihan putih mendadak terlihat pada baju hitammu? Bisa jadi kamu ketombean, Girls! Ketombe pada kulit kepala memang sering mengganggu. Sebelum mengobatinya, sebaiknya kamu kenali dulu penyebab dan jenis ketombe berikut ini.

ilustrasi rambut/pinterest.com
ilustrasi rambut/pinterest.com

Ketombe karena kulit kepala berminyak

Minyak berlebih pada kulit kepala menjadi salah satu penyebab ketombe. Ketombe sangat mudah menghampiri rambut dengan kulit kepala berminyak karena kotoran dan sebum bisa menempel dengan mudah. Salah memilih sampo juga bisa memperburuk keadaan. Untuk menghindari ketombe betah bersarang di kulit kepala, sebaiknya rutin keramas setiap dua hari sekali untuk mengangkat sebum dan kotoran yang menempel pada permukaan kulit kepala.

Kamu bisa menggunakan  air perasan jeruk nipis atau buah lemon untuk menghilangkan ketombe jenis ini. Caranya cukup mudah. Ambil perasan jeruk nipis, tambahkan air dengan perbandingan yang sama dan gunakan sebagai bilasan setelah keramas. Kamu bisa mencuci bersih rambutmu setelahnya.

Lemon/pinterest.com
Lemon/pinterest.com

Ketombe karena kulit kepala kering

Serba salah ya. Girls. Ternyata bukan cuma kulit kepala berminyak saja yang diserang ketombe. Kulit kepala kering juga punya resiko sama. Bedanya, kulit kepala kering akan memproduksi ketombe dengan bentuk yang lebih kecil dan sangat ringan, sehingga lebih mudah beterbangan jika tertiup angin. Ketombe jenis ini biasanya disebabkan karena gonta-ganti produk perawatan rambut.

Kamu bisa menghilangkan ketombe jenis ini dengan cuka apel yang sudah dicampur air dengan perbandingan yang sama. Seperti air perasan lemon, kamu bisa membilas rambutmu dengan air cuka apel dan membilasnya. Selain menghilangkan ketombe, air cuka apel juga bisa mengatasi rasa gatal pada rambut.

cuka apel/pinterest.com
cuka apel/pinterest.com

Ketombe karena jamur

Jamur seringkali tumbuh pada kulit kepala, dan salah satunya adalah Malassezia yaitu sejenis jamur yang akan cepat berkembang biak dalam kondisi lembap. Kulit kepala berminyak sering terserang jamur jenis ini, karena lembap dan minyak yang dihasilkan akan menjadi makanan bagi jamur. Jamur ini menghasilkan senyawa oleic acid sebagai sampingan metabolisme. Senyawa inilah dalang di balik serpihan putih pada permukaan kulit.

Untuk mengatasi ketombe karena jamur, kamu bisa konsultasikan dengan dokter yang lebih ahli pada bidangnya.

Selamat mencoba, Girls!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI