7 Karier di Industri Kecantikan yang Bisa Dijadikan Pilihan

Tertarik berekarier di industri kecantikan? Profesi berikut ini bisa jadi pilihan.

By: Tinwarotul Fatonah icon Sabtu, 07 Juli 2018 icon 14:30 WIB
7 Karier di Industri Kecantikan yang Bisa Dijadikan Pilihan

ilustrasi beauty blender/pinterest.com

Saat ini jenis pekerjaan semakin banyak dan beragam, tak terkecuali pekerjaan dalam industri kecantikan.

Boleh dibiling, industri kecantikan adalah salah satu industri yang nggak akan pernah mati. Malahan semakin berkembang pesat. Lihat saja, generasi saat ini banyak yang berminat berkarier di sana. Karena nggak cuma bisa menyalurkan passion, tapi juga punya karier yang menjanjikan.

Kalau kamu ingin berkarier di dunia kecantikan tapi masih belum tahu profesi apa yang tepat, yuk tengok daftar pekerjaan yang berhubungan dengan industri kecantikan berikut!

1. Beauty Reporter

Kalau kamu ahli dalam bidang tulis menulis, coba deh jadi beauty reporter!

Beauty reporter ini akan jadi perpanjangan tangan perusahaan kosmetik untuk memasarkan produknya sehingga diketahui dan lebih dikenal oleh masyarakat.

Beauty reporter bisa bekerja di media mainstream maupun online. Asyiknya lagi, beauty reporter biasanya sering mendapat produk kecantikan gratis saat liputan.

Pexels.com
Pexels.com

 

2. Make Up Artist (MUA)

Dulu profesi sebagai MUA mungkin dianggap kurang bergengsi, tapi sekarang profesi ini diminati banyak orang. Jangan salah, jadi MUA itu nggak gampang lho. Perlu kreatifitas dan ketelatenan ekstra. Tapi penghasilannya juga nggak main-main, apalagi kalau jam terbang sudah tinggi, 10 juta bisa didapat sekali merias.

3. Beauty Advisor / Consultant

Merasa punya kemampuan lebih dalam berkomunikasi dan mempersuasi? Coba deh salurkan kemampuan itu dengan menjadi beauty advisor atau beauty consultant.

Profesi ini bertugas untuk memberikan saran tentang produk kecantikan yang pas hingga membuat demo untuk meyakinkan calon pembeli. Nggak heran beauty consultant harus memiliki wawasan yang luas tentang produk kecantikan suatu perusahaan.

4. Dokter Estetika/ahli kecantikan

Selayaknya seorang dokter, profesi ini punya tugas dan tanggung jawab untuk memberikan solusi terbaik dan teraman untuk permasalahan pasien, mulai dari masalah kulit hingga tindakan operasi plastik. Untuk menjadi dokter estetika nggak cuma berbekal passion, tapi juga perlu menempuh pendidikan formal dan sertifikasi dari lembaga resmi.

Saat ini definisi dokter/ahli kecantikan yang berkembang dalam masyarakat juga makin luas. Meliputi orang-orang yang mampu melakukan tanam benang, suntik botox, sulam alis, sulam eyeliner, sulam bibir, hingga eyelash extension. Luas sekali, kan?

Pexels.com
Pexels.com

5. Beauty therapist

Beauty therapist jadi jenis pekerjaan yang dibutuhkan oleh banyak salon kecantikan, klinik kecantikan dan spa kecantikan. Pekerjaannya pun beragam, bisa jadi terapis kecantikan perawatan rambut, perawatan kulit, perawatan kuku, manicure dan pedicure, pijat dan banyak lagi.

6. Marketing and Strategic Communication

Kalau kamu orangnya suka menyusun strategi, profesi marketing dan strategic communication layak dicoba.

Merekalah yang bekerja keras membuat strategi promosi produk kecantikan, mulai dari mengundang beauty reporter untuk meliput grand lauch product, membuat artikel advertorial serta memilih beauty blogger/vlogger yang cocok untuk memberikan first impression, review, serta tutorial menggunakan produk kosmetik yang diproduksi atau pun didistribusikan oleh perusahaannya. Intinya, mereka yang bikin strategi bagaimana mengenalkan produk ke konsumen dengan cara yang tepat.

Pexels.com
Pexels.com

 

7. Beauty Blogger/Vlogger

Kalau kamu ingin pekerjaan di industri kecantikan tapi nggak terikat suatu perusahaan alias mandiri, profesi terakhir ini bisa jadi pilihan. Profesi sebagai beauty blogger/vlogger berkembang banget beberapa tahun belakangan ini. Selain membagikan review, tips cantik, ataupun tutorial makeup kepada viewernya, beauty blogger/vlogger juga bisa menjadi perpanjangan tangan dari para perusahaan kosmetik untuk mengenalkan ataupun mempromosikan produknya kepada masyarakat. Tentunya profesi ini dituntut untuk memberikan review jujur agar pengikutnya percaya.

Demikian rekomendasi tujuh pilihan karier di industri kecantikan dari Dewiku.com. Semoga mencerahkan pandanganmu ya!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI