Beauty

Yuk Kenali Deretan Jenis Foundation

Nggak cuma warna yang perlu diperhatikan, jenis-jenis foundation juga.

Tinwarotul Fatonah | Yasinta Rahmawati

Foundation/pinterest.com
Foundation/pinterest.com

Dewiku.com - Kulit wajah seperti layaknya kanvas, jadi kunci utama berhasilnya pengaplikasian makeup. Kalau kulit wajah kurang mulus, tenang, karena bisa diatasi dengan menggunakan foundation.

Tapi kamu sudah tahu belum tentang jenis-jenis foundation? Mereka punya andil besar lho untuk hasil akhir riasanmu. Yuk simak ulasan Dewiku.com tentang deretan jenis foundation berikut!

1. Foundation bubuk

Foundation/pinterest.com
Foundation/pinterest.com


Gabungan antara bedak dan foundation yang dikemas dalam satu wadah. Bentuknya bisa loose powder maupun compact powder. Teksturnya sendiri sangat kering dan hampir tanpa air sama sekali. Namun foundation ini banyak digemari karena cara pengaplikasiannya yang tergolong mudah dan cepat. Cukup gunakan spons lalu diratakan ke seluruh wajah seperti halnya menggunakan bedak.

Trik untuk mendapatkan hasil yang mulus, kamu bisa gunakan spons lembab untuk memoleskan compact foundatian. Sedangkan yang berbentuk loose powder bisa kamu poleskan menggunakan kuas tebal dan lembut.

Namun untuk pemilik kulit kering sebaiknya menghindari jenis ini. Foundation bubuk lebih cocok digunakan pemilik kulit berminyak atau normal. Salah satu varian lain dari foundation bubuk adalah mineral foundation yang lebih aman untuk semua jenis kulit.


2. Foundation krim

Foundation/pinterest.com
Foundation/pinterest.com


Foundation ini memiliki tekstur yang lembut seperti krim dan mengandung banyak pelembab. Biasanya dikemas dalam pot kecil, stick padat, dan botol tabung.

Jenis ini punya pigmentasi tinggi dan tekstur yang pekat hingga mampu menutup seluruh noda dan ketidaksempurnaan kulit sehingga nampak ekstra mulus. Maka dari itu, foundation krim juga dapat digunakan sebagai concealer. Namun hati-hati, pengaplikasian terlalu tebal dapat dengan mudah menyumbat pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat dan komedo.

Foundation krim cocok digunakan untuk pemilik kulit normal dan sangat kering, karena mengandung minyak, bertekstur tebal dan lembut yang dapat menyatu sempurna dengan kedua jenis kulit ini, sehingga membuat kulit terasa lembab dan kenyal. Untuk kulit sangat berminyak sebaiknya hindari karena dapat menyumbat pori.

Varian lain dari foundation krim termasuk mousse foundation. Foundation mousse adalah alas bedak berbasis air yang ringan dan cepat kering — terdiri dari campuran dari bubuk dan pelembab


3. Foundation cair

Foundation/pinterest.com
Foundation/pinterest.com

 

Foundation cair punya tekstur paling ringan dan paling mudah dioleskan pada wajah. Ia mampu menyatu dengan sangat baik di kulit namun tetap mempertahankan kelembapan alami kulit. Pengaplikasiannya pun cenderung mudah, bisa menggunakan spons, kuas bahkan jari. Biasanya dikemas dalam botol pompa atau tabung spray.

Foundation cair sendiri terdiri atas dua jenis: berbahan dasar air (water-based) dan berbahan dasar minyak (oil-based). Foundation berbahan dasar air cocok untuk kulit berminyak, kombinasi dan sensitif. Sedangkan yang berbahan dasar minyak cocok untuk kulit kering dan keriput.

Varian lain dari foundation cair adalah BB dan CC cream serta pelembab berwarna (tinted moisturizer). Jenis ini memiliki coverage yang paling ringan dari semua foundation cair dan menampilkan polesan makeup yang paling natural.

 

Berita Terkait

Berita Terkini