Beauty

Yuk Kenali Perbedaan Hasil Akhir Foundation

Sheer, Dewy, Matte dan Satin, kamu pilih hasil akhir foundation yang mana?

Tinwarotul Fatonah | Yasinta Rahmawati

Foundation/pinterest.com
Foundation/pinterest.com

Dewiku.com - Masing-masing orang tentu punya selera yang berbeda-beda, tak terkecuali dalam hal makeup. Sama seperti lipstik, foundation punya beragam jenis untuk membuat hasil akhir yang berbeda-beda. Yuk kenali perbedaan hasil akhir foundation!

1. Dewy Finish

Instagram/@sarahayuh_
Instagram/@sarahayuh_

 

Atau yang disebut juga glowy sedang ngetren belakangan ini. Soalnya look dewy membuat wajah terlihat lebih sehat, segar dan bersinar bak kaca gelas yang memantul.

Dewy finish ini sangat cocok untuk yang punya kulit kering (dry skin) karena membuat kulit terlihat lebih lembab. Sebaliknya, kulit berminyak disarankan menghindari look ini karena bisa menambah kesan kulit berminyak dan pori terlihat lebih besar.

Merek yang yang sering dipakai untuk look ini adalah maybelline fit me dewy dan nars sheer glow.

2. Satin Finish

pinterest.com
pinterest.com


Bisa dibilang look ini paling aman, karena berada di tengah antara dewy dan matte. Sehingga membuat tampilan wajah terlihat alami, nggak mengkilap dan nggak kering. Foundation satin finish bisanya medium coverage, mampu menutupi kekurangan di kulit wajah tapi nggak terlihat tebal.

Formulanya pun cocok untuk semua jenis kulit dan cocok untuk tampilan sehari-hari. Tapi untuk pemilik kulit super berminyak sebaiknya tambahkan sedikit bedak di daerah T-zone ya.

Untuk satin finish yang sering dipakai biasanya merek giorgio armani luminious silk, nyx mineral stick dan max factor miracle touch.

3. Matte Finish

pinterest.com
pinterest.com


Hasil akhir foundation yang paling longlasting. Dari segi coverage, matte finish termasuk medium to full coverage, sehingga memberi tampilan kulit mulus dan bebas kilap. Cocok digunakan untuk acara-acara yang berdurasi panjang tanpa khawatir cepat luntur.

foundation ini juga sangat cocok bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat karena bisa menahan minyak serta menutupi tampilan jerawat di wajah. Jika kamu memiliki jenis kulit kering sebaiknya menghindari foundation jenis ini karena bisa membuat wajahmu telihat semakin kering dan cakey,

Merek yang biasanya dipakai yaitu rimmel stay matte liquid mousse, Maybelline Fit Me Matte Poreless, dan mac studio fix.

4. Sheer Finish

pinterest.com
pinterest.com


Kalau nggak punya noda wajah berarti untuk ditutupi dan ingin tampak natural, sheer finish bisa dicoba. Karena tampilan sheer finish sangat menyatu dengan kulit namun membantu memperbaiki tampilan tekstur kulit dengan sedikit coverage. Alias yous skin but better!

Kalau kulitmu sudah bagus, sheer finish adalah pilihan tepat. Cocok juga untuk semua jenis kulit karena teksturnya ringan dan nggak menutupi pori sehingga aman digunakan sehari-hari. Tapi sheer finish mudah luntur jika berkeringat.

Produk yang bisa memberi hasil akhir sheer adalah BB cream, DD cream, CC cream maupun BB cushion.

Yap, itulah empat perbedaan hasil akhir foundation. Setelah tahu masing-masing perbedaannya, kamu pilih yang mana nih?

Berita Terkait

Berita Terkini