Girls, 5 Hal Remeh Ini Bisa Sebabkan Bibir Hitam

Ternyata bibir hitam nggak selalu faktor genetik lho!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 18 Juli 2018 icon 16:45 WIB
Girls, 5 Hal Remeh Ini Bisa Sebabkan Bibir Hitam

Bibir hitam/pinteres.com

Bibir yang berwarna gelap kehitaman sering menurunkan kadar percaya diri seseorang. Banyak cara akan kita tempuh untuk menutupinya, seperti menimpa dengan lipstik berwarna terang. Namun, kita mungkin sering bertanya-tanya, kenapa bisa punya bibir hitam?

Ternyata bibir hitam itu nggak selalu karena faktor genetik lho. Masalah tersebut juga bisa terjadi karena kita melakukan empat hal remeh seperti di bawah ini.

Ilustrasi air mineral / pexels.com
Ilustrasi air mineral / pexels.com

1. Kurang minum air putih

Kurang minum air putih ternyata berdampak pada banyak hal dalam tubuh, termasuk bibir yang nggak sehat. Gejala bibir nggak sehat adalah permukaannya yang mengering dan berwarna agak gelap. Sebaiknya kamu minum 8 gelas air putih dalam sehari agar tubuh dan bibir dapat terhidrasi dengan baik.

2. Sering menjilat bibir

Kebiasaan yang satu ini sangat merugikan, Girls. Bibir yang terlalu sering kamu jilat akan menyebabkan permukaannya kering dan terkelupas. Jika kamu merasakan bibirmu kering, sebaiknya oleskan lip balm, bukan menjilatnya berulang-ulang.

ilustrasi lipstick/pinterest.com
ilustrasi lipstick/pinterest.com

3. Tidak cocok dengan produk Lipstik

Beberapa lipstik memiliki kandungan kimia yang berdampak pada warna bibir. Mungkin kamu belum menyadarinya, tapi nggak ada salahnya mulai sekarang lebih teliti dalam membeli lipstik. Penggunaan lipstik yang terlalu lama pada bibir juga tidak baik. Jika sudah selesai beraktivitas, sebaiknya segera hapus makeup dan lipstik dari wajah kamu agar kulit bisa kembali bernafas.

4. Merokok

Rokok menyebabkan permukaan bibir hitam lho! Rokok dalam kondisi menyala yang bersentuhan langsung dengan bibir akan membuat bibir 'kepanasan'. Bisa kamu bayangkan jika hal ini terus terakumulasi setiap harinya? Nggak heran jika bibir para perokok akan sangat gelap dan hitam.

Sinar matahari membakar kulit/pexels.com
Sinar matahari membakar kulit/pexels.com

5. Terpapar sinar matahari

Seperti yang kita ketahui, sinar matahari langsung mengandung ultraviolet yang tidak baik bagi kulit. Jika terlalu sering terpapar sinar matahari langsung, kulit kita akan kepanasan dan warnanya berubah lebih gelap. Hal ini juga berlaku pada bibir. Sebaiknya kamu rajin mengoleskan lipbalm dengan kandungan SPF untuk melindungi permukaan bibirmu agar tidak menghitam.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI