5 Hal Ini Bisa Bikin Alis Semakin Tipis

Masalah kerontokan nggak cuma di rambut kepala saja rupanya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 25 Juli 2018 icon 17:45 WIB
5 Hal Ini Bisa Bikin Alis Semakin Tipis

Eyebrow/Pexels.com

Bagi banyak cewek, alis adalah bingkai wajah yang begitu penting keberadaannya. Berbagai upaya pun dilakukan untuk membuatnya indah dan tebal. Tapi tahu nggak sih, ada beberapa hal yang malah bisa bikin alis jadi semakin tipis lho.

Mau tahu apa saja? Berikut ulasan dari Dewiku.com.

1. Merapikan alis menggunakan pinset

Baca Juga: Tips: Gunakan Pola Silang X saat Cukur Rambut Ketiak!

Mencabut alis dengan pinset merupakan cara merapikan alis yang instan dan murah. Selain itu, bisa bertahan nggak tumbuh lagi sampai 6 bulan ke depan.

Tapi justru ini yang membuatmu mesti hati-hati dalam mencabutnya. Ingat, perlu waktu lama untuk tumbuh rambut alis baru. Di samping itu, jika dilakukan secara berlebihan, akan menyebabkan rontok.

Eyebrow/Pexels.com
Eyebrow/Pexels.com

2. Kekurangan zat gizi

Baca Juga: Kesalahan Penggunaan Makeup Ini Sering Terjadi, Kamu Juga Pernah?

Zat besi dan seng yang sangat berguna untuk pertumbuhan folikel rambut. Zat besi dan seng bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi daging tanpa lemak. Kekurangan zat ini bisa menyebabkan rambut rapuh dan mudah rontok.

3. Ove-plucking

Over plucking adalah terlalu berlebihan merapikan bentuk alis. Ada yang membentuk alis dengan cara mencabut atau mencukur bagian yang tak diinginkan.

Sayangnya, pencabutan rambut alis pada area yang sama secara berulang dapat menyebabkan folikel rusak, melemah, dan berujung dengan terhentinya pertumbuhan rambut.

Eyebrow/Pexels.com
Eyebrow/Pexels.com

4. Stres
Perubahan hormon yang terjadi saat seseorang mengalami stres dapat memengaruhi pertumbuhan rambut alis dan berujung dengan telogen effluvium, yakni sebuah kondisi di mana rambut mengalami kerontokan dalam jumlah tak wajar.

5. Dermatitis Atopik (Eksim)

Baca Juga: Natural Care di Bawah Ini Bisa Bikin Rambut Cepat Panjang, Girls!

Dermatitis atopik adalah kondisi medis yang mengarah pada kulit gatal, bengkak, dan memerah karena peradangan pada kulit. Meski jarang terjadi, kulit pada bagian alis bisa saja gatal dan memerah yang pada akhirnya bisa menyebabkan kerontokan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI