Mudah Banget, Begini Tips Hindari Rambut Kusut

Stop memotong ujung rambut kusut yang terbelit di sela sisir.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 03 Agustus 2018 icon 17:45 WIB
Mudah Banget, Begini Tips Hindari Rambut Kusut

Rambut kusut. (Pinterest)

Buat kalian yang memiliki rambut kering, pasti paham banget gimana ribetnya menyisir rambut kusut. Banyak juga yang akhirnya menyerah dan mengambil jalur ekstrem untuk atasi rambut kusut, seperti memotong ujung rambut yang bandel dan terbelit di sela gerigi sisir.

Sebenarnya kalian nggak harus memotong ujung rambut kok. Ada beberapa tips sederhana yang bisa kalian terapkan untuk menghindari rambut kusut seperti menggunakan kondisioner setelah keramas. Masih ada beberapa tips hindari rambut kusut lainnya yang akan Dewiku.com bagikan. Simak ya!

Rambut anti kusut. (Pexels)
Rambut anti kusut. (Pexels)

1. Perhatikan kesehatan rambut

Baca Juga: Mudah Banget, Ini 4 Tips Perawatan Rambut Kering

Cara yang paling aman untuk menghindari rambut kusut adalah dengan memperhatikan kesehatan rambut. Rambut yang sehat biasanya tidak kering. Rambut juga bersahabat dengan sisir alias tidak kusut.

Seringlah mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung keratin agar rambutmu kuat dan elastis. Keratin bisa kamu dapatkan dari makanan yang mengandung protein seperti telur, ikan, dan kacang-kacangan.

2. Gunakan sisir yang tepat

Baca Juga: Manfaatkan Air Beras untuk Merawat Rambut, Hasilnya Wow!

Ternyata menggunakan sisir yang tidak sesuai dengan jenis rambut sangat berpengaruh pada rambut kusut girls! Untuk jenis-jenis sisir yang tepat, kamu bisa baca dalam tulisan Dewiku.com yang berjudul Hai Cantik, Beda Jenis Rambut, Berbeda Juga Sisir Dipakai. Jadi jangan sepelekan penggunaan jenis sisir ya.

Ilustrasi sisir rambut. (Pinterest)
Ilustrasi sisir rambut. (Pinterest)

3. Jangan asal mengeringkan rambut

Mengeringkan rambut setelah keramas memang pekerjaan yang susah-susah gampang. Sebaiknya biarkan rambut kering alami tanpa bantuan hair dryer. Namun jika terpaksa, kamu boleh gunakan hairdryer dengan memperhatikan beberapa poin penting berikut ini.

  • Jangan gunakan hairdryer terlalu dekat dengan batang rambut.
  • Perhatikan suhu agar tidak terlalu panas.
  • Akan lebih baik jika kamu mengeringkan rambut hingga setengah basah terlebih dahulu sebelum menggunakan hair dryer.

 

Ilustrasi mengeringkan rambut. (Pexels)
Ilustrasi mengeringkan rambut. (Pexels)

4. Gunakan sarung bantal bahan satin

Baca Juga: Tips Mencatok Rambut Agar Awet dan Kece

Bahan satin atau sutera sangat terkenal dengan kelembutannya. Kamu bisa mengganti sarung bantal katunmu dengan bahan satin untuk menghindari rambut kusut. Bahan satin juga bisa mengurangi gesekan antara batang rambut dengan sarung bantal, sehingga rambut tetap lembut anti kusut saat bangun pagi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI