Beauty

Simpel, Begini Cara Sederhana Atasi Rambut Bercabang

Pertolongan pertama untuk rambut bercabang.

Tinwarotul Fatonah | Yasinta Rahmawati

Rambut bercabang. (Pinterest)
Rambut bercabang. (Pinterest)

Dewiku.com - Dari sekian banyak masalah rambut, salah satu yang paling sering dikeluhkan adalah rambut bercabang. Mungkin ada berbagai rekomendasi masker yang diklaim ampuh untuk atasi rambut bercabang. Tapi tunggu dulu, coba lakukan beberapa hal ini lebih dulu.

1. Cari tahu penyebab rambut bercabang

Kalau sudah tahu penyebabnya utamanya, maka bisa dicari solusi yang paling tepat. Sebab rambut bercabang terjadi karena penyebab umum seperti paparan sinar UV, mewarnai sampai mengeringkan rambut dengan hairdryer dapat membuat rambut rusak.

2. Potong ujung rambut

Kamu bisa melakukannya secara rutin tiap 6-8 minggu sekali. Soalnya kalau nggak dipotong, bagian yang bercabang bisa merambat lebih jauh ke atas dan menimbulkan kerusakan yang lebih buruk. Nggak perlu banyak-banyak memotongnya, cukup bagian yang bercabang saja.

Rambut bercabang. (Pinterest)
Rambut bercabang. (Pinterest)

 

3. Terlalu sering menyisir rambut

Gesekan yang ditimbulkan akibat terlalu sering menyisir bisa sebabkan kerusakan rambut. Sebaiknya perlakukan dengan lembut. Hindari menyisir rambut saat basah karena dapat menyebabkan ujung rambut patah dan rusak. Lebih baiknya lagi gunakan sisir bergigi jarang yang membuat rambut lebih mudah diatur dan tampak lebih lembut.

4. Menggunakan produk perawatan khusus

Produk perawatan rambut yang mengandung minyak zaitun, gliserin, shea butter, atau sorbitol dipercaya dapat membantu mengatasi rambut bercabang. Sebaliknya, hindari sampo yang mengandung bahan kimia, minyak mineral dan petrolatum karena bakal mencegah kelembapan menyerap ke lapisan rambut.

5. Hindari panas matahari

Hal terakhir ini cukup sering disepelekan, padahal juga banyak menyumbang kerusakan rambut lho. Biasakanan pakai tudung atau topi lebar ketika keluar ruangan di siang hari yang terik. Pokoknya gunakan apapun yang bisa melindungi rambutmu dari paparan sinar matahari. Biar perlindungannya optimal, pilihlah juga produk perawatan rambut yang memberikan perlindungan dari sinar matahari

Berita Terkait

Berita Terkini