Beauty

Jangan Sembarangan, Begini Tips Cuci Muka yang Benar

Tanpa disadari, cara cuci muka yang kamu terapkan mungkin masih salah.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

cuci muka/pinterest.com
cuci muka/pinterest.com

Dewiku.com - Setelah lelah seharian beraktivitas, apa yang akan kamu lakukan ketika sampai rumah? Makan? Tidur? Semuanya terdengar menyenangkan. Namun, jangan pernah lupakan cuci muka ya, Girls! Kotoran yang menempel di wajahmu akan menumpuk dan jadi jerawat kalau tidak dibersihkan. Meskipun terdengar sepele, membersihkan wajah harus selalu menjadi ritual wajib.

Sayangnya, walaupun kamu mencuci wajah dengan rutin, tanpa kamu sadari, cara yang kamu gunakan selama ini mungkin masih salah lho. Berikut beberapa cara mencuci wajah dengan benar. Wajib banget disimak nih.

1. Tangan harus bersih

Girls, kamu dilarang keras menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Tangan yang kotor menjadi sumber kuman dan bakteri. Bayangkan jika partikel kecil tersebut masuk ke pori-pori wajah dan merusak penampilanmu. Duh. Jadi, pastikan tanganmu dalam keadaan bersih saat mencuci wajah ya.

Ilustrasi tangan.  (Pexels)
Ilustrasi tangan. (Pexels)

2. Micellar water atau Cleansing oil

Sebelum langsung bertemu air di kamar mandi untuk membilas wajah, sebaiknya kamu gunakan micellar water, cleansing oil, atau pembersih wajah lainnya.

Walaupun sepele, membersihkan wajah dengan micellar water dan cleansing oil termasuk hal krusial. Kegunaannya adalah untuk mengangkat segala kotoran dan sisa makeup dari wajah.

3. Uapkan wajah dengan air hangat

Jangan kaget jika wajahmu suka tumbuh jerawat dan menjadi kusam dan kasar. Salah satu penyebabnya adalah pori-pori yang tersumbat. Buka pori-pori wajah dengan menguapkannya dengan air hangat dan handuk hangat.

Tenang, jika dirasa cukup merepotkan, kamu nggak perlu melakukan metode ini setiap hari kok.

Ilustrasi handuk hangat untuk wajah. (Pinterest)
Ilustrasi handuk hangat untuk wajah. (Pinterest)

4. Bersihkan wajah dengan gerakan memutar

Saat mengaplikasikan sabun pencuci wajah, jangan sembarangan juga. Apa yang perlu kamu lakukan adalah mengambil sabun secukupnya, campur dengan sedikit air hingga berbusa, lalu aplikasikan pada wajah. Lakukan secara bertahap, mulai dari jidat, pipi, hidung, dan dagu. Penting!

Aplikasikan dengan gerakan melingkar. Jangan terlalu keras menekan. Selain itu, jangan biarkan sabun terlalu lama berada di permukaan kulit. Selanjutnya, bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

5. Jangan lupa eksfoliasi

Nah, yang satu ini juga tidak kalah penting. Eksfoliasi berguna untuk mengangkat sel kulit mati sehingga wajah akan terlihat lebih cerah dan lebih halus.

Memilih produk untuk eksfoliasi juga tidak boleh sembarangan nih. Harus sesuai dengan jenis kulitmu ya.

Scrub gula untuk eksfoliasi wajah. (The Novice Chef)
Scrub gula untuk eksfoliasi wajah. (The Novice Chef)

6. Segarkan dengan toner

Fungsi toner untuk wajah sangat simple, yaitu untuk menyegarkan wajah dan mengecilkan pori-pori. Walaupun simpel, toner jangan sampai disepelehkan lho.

Toner juga berfungsi untuk menyiapkan kulit agar dapat menyerap produk skincare berikutnya dengan baik.

7. Aplikasikan skincare

Final, pada akhir rutinitas cuci muka, hal yang perlu kamu lakukan adalah mengaplikasikan skincare. Deretan skincare seperti sunscreen, pelembap, serum, hingga krim malam ini wajib kamu aplikasikan. Jangan sampai lupa ya.

Berita Terkait

Berita Terkini