Beauty

Jangan Bingung, Ini Cara Double Cleansing untuk Pemula

Kamu butuh tahu dan memahami cara double cleansing kan?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi

Ilustrasi wajah. (Pexels)
Ilustrasi wajah. (Pexels)

Dewiku.com - Kebanyakan orang mengira kegiatan double cleansing di dalam perawatan kulit wajah adalah hal yang salah. Mengapa begitu? Mereka berpikiran, terlalu banyak cairan yang dioleskan ke area wajah akan membuat kulit bermasalah. Padahal, double cleansing adalah salah satu cara untuk membuat wajah kita semakin bersih dan terawat, lho. Nah, ada cara double cleansing untuk pemula biar nggak salah langkah.

Kecantikan wanita Korea adalah salah satu kiblat kecantikan wanita seluruh dunia. Salah satu rahasia yang membuat kulit mereka glowing adalah dengan melakukan ritual double cleansing.

Biasanya double cleansing dilakukan 2 kali dalam sehari. Saat pagi hari sebelum menggunakan makeup untuk mempercantik penampilan menyambut panjangnya aktivitas sehari-hari dan ketika malam hari sebelum tidur yang berguna untuk menghilangkan makeup yang bercampur dengan keringat dan polusi.

Nah, di bawah ini ada beberapa cara melakukan double cleansing secara tepat. Kita simak bersama yuk.

Step 1: Aplikasikan oil-based cleanser

ilustrasi wajah/pinterest.com
Ilustrasi wajah. (Pinterest)

Sebelum ke tahap cara pengaplikasiannya, mari kita bahas dulu cara pemilihannya oil-based cleanser yang tepat. Ada 2 bentuk oil-based cleanser, yaitu cair dan padat. Untuk kulit yang normal, berminyak, dan kombinasi bisa menggunakan oil-based cleanser yang ringan dan tidak mengandung minyak berlebih. Kita bisa mencoba micellar water.

Sedangkan untuk kulit yang kering, carilah produk yang mempunyai kandungan moisturizing. Nah, untuk kulit sensitif, bisa memilih cleanser tanpa alkohol dan pewangi.

Lanjut ke tahap pengaplikasiannya, ambil 1 hingga 2 pumps oil-based cleanser pada wajah saat kondisinya masih kering, kemudian pijat lembut dengan gerakan memutar. Hal ini bermanfaat untuk membersihkan pori-pori dan memberikan formula sirkulasi agar wajah menjadi semakin glowing.

Step 2: Bilas

Pembersih wajah susu/pinterest.com
Ilustrasi membilas wajah. (Pinterest)

Bersihkan dengan air hangat dengan memijatnya secara perlahan. Air berguna untuk meluruhkan minyak agar mudah dibersihkan. Kita bisa mengulanginya beberapa kali sampai tidak ada sisa minyak di area wajah

Step 3: Aplikasikan water-based cleanser

Ilustrasi serum wajah / Unsplash.com
Ilustrasi water-based cleanser. (Unsplash)

Gimana sih cara untuk memilih water-based cleanser yang tepat? Nah, kalian harus memilih cleanser yang lembut dan ringan. Kalau kamu lebih suka dengan foaming cleanser, ingat ya, harus menghindari produk yang mengandung sulfat tinggi.

Khusus kamu yang mempunyai kulit kering, disarankan menggunakan cream cleanser yang bisa melembabkan kulit.

Cara pengaplikasiannya gampang. Ambil sedikit cleanser di telapak tangan, kemudian gosokkan hingga berbusa. Setelah itu, pijat ke area wajah dengan gerakan memutar dan beri sedikit pijatan ringan.

Step 4: Bilas kembali dan selesai

Ilustrasi membasuh wajah / Pinterest
Ilustrasi membasuh wajah. (Pinterest)

Bilas wajah dengan air hangat, kemudian bisa melanjutkan skincare rutin kamu.

Nah, itu adalah cara double cleansing yang mudah dilakukan untuk pemula. Walaupun terdengar rumit, tapi percayalah double cleansing mempunyai banyak manfaat untuk kulit wajah kalau dilakukan dengan baik dan benar. Sudah banyak wanita Indonesia yang mempraktekkannya dan merasakan perubahan positif pada kulit wajah mereka.

Berita Terkait

Berita Terkini