Beauty

Ini yang Terjadi kalau Nggak Menghapus Makeup sebelum Tidur

Rasa malas itu harus dilawan, Girls!

Tinwarotul Fatonah | Yasinta Rahmawati

Sleeping with makeup. (Pinterest)
Sleeping with makeup. (Pinterest)

Dewiku.com - Jujur saja, pasti kamu pernah sangat malas kana rasanya untuk menghapus makeup dan cuci muka sebelum tidur? Tapi keesokan paginya rasa berdosa timbul atau bahkan si jerawat imut muncul.

Well, memang membersihkan wajah sebelum tidur nggak boleh dilewatkan, Girls. Kalau kamu terbiasa melewatkannya, itu bisa menimbulkan kerusakan serius pada kulit.

Dilansir dari Pop Sugar, Dr Tatiana seorang dokter sekaligus beauty expert menjelaskan bahwa riasan memiliki kecenderungan untuk menyumbat pori-pori.

Removing makeup. (Pinterest)
REmoving makeup. (Pinterest)

 

Jika kita nekat membiarkan riasan tetap menempel saat tidur, pori-pori bakal tersumbat dengan bahan berminyak yang terkandung dalam kosmetik. Hal itu akan menyebabkannya pori membesar, meradang dan berpotensi menimbulkan bekas luka.

"Riasan dapat mencegah fungsi normal kelenjar sebaceous. Ini dapat memblokir kelenjar dan dapat menyebabkan penumpukan sebum berlebih, yang merupakan peradangan untuk kulit. Sangat penting untuk memahami bahwa minyak tidak berarti kelembaban atau hidrasi untuk kulit," ujarnya seperti dikutip dari Pop Sugar.

Nggak cuma itu, bahkan minyak dapat mengiritasi kulit dan meningkatkan risiko masalah kulit lainnya seperti jerawat, rosacea, dan pigmentasi.

"Ada kesalahpahaman bahwa kulit berminyak berabad-abad lebih baik, yang sebenarnya tidak benar," lanjutnya.

Makeup sendiri cenderung membentuk minyak yang menyerap polusi dan bakteri masuk dalam kulit. Memakai riasan di malam hari berarti mebuat kulit tercekik di lapisan kotor ini. Sel-sel kulit nggak akan terurai secara normal dan kelenjar minyak mungkin mulai rusak. Hal ini akan menimbulkan kulit terasa berminyak, nggak sehat, dan kusam.

Selama jangka waktu yang panjang, Dr Tatiana mengatakan bahwa orang yang malas membersihkan makeup sebelum tidur akan lebih sering berjerawat dan lebih mungkin memiliki masalah dengan jerawat serta tekstur kulit yang buruk.

Nah itulah yang bakal terjadi kalau kamu sering malas membersihkan wajah sebelum tidur. Kalau kulit bersih tanpa noda yang yang kamu cari, nggak boleh lagi melewatkan rutinitas ini ya.

Berita Terkait

Berita Terkini