Kerap Disamakan, Ini Bedanya Bedak Tabur dan Translucent Powder

Keduanya sama-sama berbentuk bubuk tapi jelas memiliki fungsi berbeda.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 16 Agustus 2018 icon 13:40 WIB
Kerap Disamakan, Ini Bedanya Bedak Tabur dan Translucent Powder

Translucent Loose Setting Powder Glow. (Instagram/@lauramercier)

Buat kalian yang hobi dandan, mungkin sudah hapal dengan berbagai jenis bedak. Beda halnya dengan kalian, beberapa orang masih sering salah persepsi antara bedak tabur dan translucent powder. Keduanya memang sama-sama berbentuk bubuk tapi jelas memiliki fungsi yang berbeda.

Biar nggak salah beli, yuk kita bedakan kedua jenis bedak ini.

Bedak tabur

Baca Juga: Cewek Harus Tahu, Inilah Jenis - Jenis Bedak serta Fungsinya

Bedak tabur adalah bedak yang berbentuk bubuk halus dan memiliki variasi tone untuk menyesuaikan warna kulit. Bedak ini bersifat sangat ringan tapi tidak tahan lama sehingga cocok untuk makeup tipis sehari-hari.

Biasanya bedak tabur cocok dipakai oleh orang dengan jenis kulit berminyak. Formulanya ringan sehingga mampu menyerap minyak dengan baik.

bedak tabur/pinterest.com
Bedak tabur. (Pinterest)

Meskipun ringan, bukan berarti bedak tabur tidak memiliki kualitas yang baik. Belakangan muncul berbagai variasi bedak tabur dari brand-brand kosmetik ternama yang tidak diragukan kualitasnya.

Baca Juga: Make Over Luncurkan Seri Powerstay, Makeup Matte Tahan Lama

Salah satu brand yang memiliki makeup berbentuk bubuk dan fungsinya cukup melengkapi antara bedak tabur dan foundation adalah Revlon ColorStay Mineral Foundation.

Produk ini sebenarnya foundation yang berbentuk powder, tapi belakangan banyak difungsikan sebagai bedak tabur. Seperti bedak padat yang memiliki produk turunan dengan foundation, bisa jadi ini produk serupa dengan tekstur yang berbeda.

Translucent Powder

Sama-sama berbentuk bubuk, beda bedak tabur dan translucent powder terletak pada karakteristiknya. Jika bedak tabur memiliki banyak pilihan tone untuk warna kulit, maka translucent powder hadir tanpa mengubah warna kulit sehingga banyak yang menyebutnya sebagai bedak transparan.

Translucent powder. (PInterest)
Translucent powder. (Pinterest)

Bedak tabur memang dianjurkan untuk kulit berminyak tapi formulanya sangat ringan sehingga tidak tahan lama dan butuh touch up tiap beberapa jam sekali.

Translucent powder berlaku sebaliknya karena lebih sempurna menutup pori sehingga mampu mengontrol minyak lebih baik daripada bedak tabur. Kamu bahkan bisa menggunakan translucent powder sebagai setting powder lho!

Belakangan, translucent powder hadir dalam dua variasi bentuk, yaitu tabur dan padat. Untuk ketahanan dan kemampuan mengontrol minyak, translucent powder atau padat sama-sama ampuh kok!

Baca Juga: Rekomendasi Micellar Water Favorit untuk Kulit Berminyak

Sudah jelas kan, letak perbedaannya? Jadi bebas untuk memilih mana yang menurutmu lebih nyaman, ya!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI