Tips: Membersihkan Pori-Pori Tersumbat dengan Cara Sederhana

Pori-pori wajah yang tersumbat oleh kotoran seringkali dianggap sebagai biang munculnya jerawat dan komedo. Nah ini tips membersihkan dengan cara sederhana

By: Galih Priatmojo icon Jumat, 17 Agustus 2018 icon 17:21 WIB
Tips: Membersihkan Pori-Pori Tersumbat dengan Cara Sederhana

komedo/pinterest.com

Pori-pori wajah yang tersumbat sering menimbulkan masalah dan jadi keluhan yang tak berujung bagi para cewek. Masalah itu kemudian dianggap sebagai biang munculnya jerawat atau komedo.

Nah, biar kamu nggak bingung, begini tips membersihkannya dengan cara yang sederhana. Simak ya!

Manfaatkan daun parsley
Rebus semangkok air hingga mendidih dan masukkan segenggam daun parsley. Biarkan sekitar semenit lalu matikan apinya. Jika air rebusan daun parsley sudah dingin, gunakan sebagai air bilasan saat cuci muka. Jika rutin dilakukan setiap hari, maka pori-pori wajahmu akan bersih.

Baca Juga: Girls, Kenali Mitos dan Fakta tentang Pori-pori Berikut Ini

Ilustrasi parsley. (Pinterest)
Ilustrasi parsley. (Pinterest)

 

Scrub dari baking soda
Kamu mungkin pernah dengar tentang kehebatan baking soda untuk membersihkan alat rumah tangga. Ternyata garam ajaib ini bisa dimanfaatkan untuk membersihkan wajah juga lho. Campurkan 2 sendok makan baking soda dengan sesendok air teh dan aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pada wajah dan biarkan sekitar 3 menit kemudian lakukan gerakan memutar untuk scrubbing dan bilas hingga bersih. Pasta baking soda ini juga ampuh menyeimbangkan pH wajah.

Ilustrasi baking soda untuk scrub wajah. (Pinterest)
Ilustrasi baking soda untuk scrub wajah. (Pinterest)

 

Masker wajah dari lemon
Lemon juga bisa dipakai untuk membersihkan wajah hingga pori yang paling dalam. Kamu cukup membelah lemon menjadi dua bagian dan menggosoknya langsung pada wajah. Jika sudah bersih, bilas dengan air hangat. Hal yang harus perhatikan sebelum melakukan perawatan ini adalah, pastikan tidak ada luka terbuka pada permukaan wajah agar kulit tidak perih.

Ilustrasi lemon untuk wajah. (Pinterest)
Ilustrasi lemon untuk wajah. (Pinterest)

 

Gunakan putih telur dan kapas
Cara yang paling ampuh sebenarnya sangat sederhana, yaitu membuat pore strip alami dari putih telur dan kapas tipis. Cukup oleskan putih telur pada permukaan wajah dan tempelkan kapas tipis diatasnya. Segera timpa kembali dengan putih telur. Biarkan hingga mengeras dan kering total, lalu angkat DIY pore stripmu secara perlahan. Kamu akan melihat komedo yang selama ini menutup pori-pori wajahmu menempel di permukaan kapas yang sudah mengering.

Ilutrasi telur. (Unsplash)
Ilutrasi telur. (Unsplash)

 

Pakai pore strip
Cara yang paling mudah dan aman adalah menggunakan pore strip kemasan yang banyak dijual bebas. Kamu bisa menggunakannya seminggu sekali agar pori-porimu bebas kotoran dan debu yang membandel. Selamat mencoba ya!

Ilustrasi menggunakan pore strip. (Pinterest)
Ilustrasi menggunakan pore strip. (Pinterest)

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI