Bagian Tubuh Ini Nggak Perlu Sering Dibersihkan

Pasti nomor 1 terlalu sering kamu bersihkan.

By: Galih Priatmojo icon Jumat, 17 Agustus 2018 icon 19:15 WIB
Bagian Tubuh Ini Nggak Perlu Sering Dibersihkan

Ilustrasi cuci muka / Pinterest

Menjaga kebersihan tubuh adalah suatu kewajiban.Tapi rupanya beberapa bagian tubuh kita berikut ini nggak perlu sering dibersihkan lho. Sebabnya bagian tubuh ini punya mekanisme yang mampu membersihkan dirinya sendiri. Bagian mana saja? Yuk simak!

jerawat telinga/pinterest.com
jerawat telinga/pinterest.com

 

1. lubang telinga
Kalau kamu masih sering mengorek telingamu pakai cotton bud, hentikan kebiasaan itu mulai sekarang. Faktanya telinga bisa mengeluarkan kotorannya sendiri karena gerakan rahang kita. Membersihkannya dengan cotton bud hanya akan membuat kotoran semakin masuk dan menumpuk dalam telinga.

miss V/pinterest.com
miss V/pinterest.com

 

2. Vagina
Sama seperti telinga, ternyata vagina juga punya sistem pembersihannya sendiri. Sedikit bau di organ intim bukan berarti selalu ada masalah di vagina, malahan terlalu sering membasuhnya dengan sabun hanya akan menghilangkan keseimbangan bakteri baik vagina. Karena itu, lebih baik untuk tetap membersihkan bagian tersebut dengan dibilas saja.

keramas/pinterest.com
keramas/pinterest.com

 

3. Rambut
Nggak perlu keramas setiap hari karena bukannya jadi wangi, malah membuat rambut kering dan mudah lepek. Sebaiknya cukup keramas 2 kali dalam seminggu saja untuk menjaga minyak alami rambut, biar tetap lembap dan nggak mudah rusak.

Ilustrasi kantung mata
Ilustrasi kantung mata

 

4. Mata
Mata mempunyai kelenjar lakrimal yang mampu menghasilkan air mata. Hal itu nggak cuma membantu melumasi mata tapi juga melindunginya dari bakteri dan iritasi lainnya. Kalau kamu merasa ada yang mengganjal di mata, jangan terus menerus memberinya tetes mata, lebih baik periksakan langsung ke dokter.

Peeling cream/Pinterest.com
Peeling cream/Pinterest.com

 

5. Kulit mati
Seperti yang kita tahu, penumpukan sel kulit mati adalah biang keladi bagi bakteri, debu, kotoran, dan minyak, yang kemudian menjadi awal mula jerawat dan kulit kusam. Maka dari itu, disarankan untuk rutin mencuci muka dan eksfoliasi. Tapi jangan keseringan karena akan membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Untuk itu batasi eksfoliasi dua kali saja dalam seminggu.

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI