Cara Mencegah Milia, Bintik Putih Mirip Jerawat pada Wajah

Banyak yang menyebut milia sebagai jerawat, padahal mereka sangat berbeda.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 20 Agustus 2018 icon 14:45 WIB
Cara Mencegah Milia, Bintik Putih Mirip Jerawat pada Wajah

Ilustrasi milia pada kulit sekitar mata. (PInterest)

Apakah kamu pernah memperhatikan daerah sekitar mata dan menyadari hadirnya si bintik putih yang mirip jerawat? Itu namanya milia dan tidak membahayakan bagi kesehatan, hanya saja sering mengganggu penampilan.

Banyak orang yang salah persepsi dan mengira si milia ini jerawat. Wajar sih, karena kalau dilihat dari bentuk dan ukurannya milia sangat mirip dengan jerawat. Namun, penyebab milia bukan penumpukan kotoran.

Agar lebih jelas, simak seluk-beluk tentang milia di bawah ini, yuk!

Baca Juga: Jangan Dipencet, Jerawat Jenis Ini Butuh Perhatian Ekstra

Milia bisa dicegah dengan eksfoliasi

Milia tumbuh karena banyak faktor, salah satunya penumpukan protein keratin yang terjebak dalam lapisan bawah kulit paling luar. Cara menghindari yang paling masuk akal adalah dengan melakukan eksfoliasi wajah. Kamu bisa menggunakan bahan alami, seperti campuran madu, gula pasir dan air lemon untuk eksfoliasi.

Scrub gula madu dan air lemon. (The Novice Chef)
Scrub gula madu dan air lemon. (The Novice Chef)

Rutin membersihkan wajah

Baca Juga: Letak Jerawat di Wajah Bisa Ungkap Kesehatanmu Lho!

Melakukan eksfoliasi wajah terlalu sering berakibat buruk bagi lapisan kulit. Kamu cukup melakukannya seminggu atau dua minggu sekali. Sebagai pengganti, kamu bisa menghindari milia dengan cara membersihkan wajah secara rutin dua kali sehari.

Tapi menggunakan facial foam saja tidak cukup, Girls. Kamu juga perlu bantuan dari face cleanser agar sisa makeup dan kotoran yang menempel pada kulit dapat terangkat dengan maksimal.

Jangan lupakan sunscreen

Penyebab lain tumbuhnya milia adalah paparan sinar matahari secara langsung. Oleh sebab itu, selalu lindungi kulitmu dari kejamnya sinar UV dengan bantuan sunscreen.

Tips dari DewiKu, pilih sunscreen dengan kandungan oil-free agar tidak menyumbat pori. Selain itu, tingkat SPF dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Semakin sering kamu terkena sinar matahari, maka semakin tinggi tingkat SPF yang dibutuhkan.

Ilustrasi menggunakan sunscreen. (Pinterest)
Ilustrasi menggunakan sunscreen. (Pinterest)

Atasi dengan krim retinol

Milia bisa kamu atasi dengan bantuan krim retinol yang kaya vitamin A dan berperan penting dalam produksi kolagen. Kamu cukup mengoleskan krim retinol secara tipis merata pada bagian yang sering tumbuh milia, seperti daerah sekitar mata bagian bawah.

Pergi ke dokter ahli kecantikan

Baca Juga: 5 Best Skincare untuk Masalah Kulit Berjerawat

Milia yang terperangkap dalam lapisan kulit yang tipis bisa diatasi dengan mudah. Namun tidak begitu halnya dengan milia yang terjebak pada bagian kulit yang tebal. Jika dirasa terlalu mengganggu dan ingin kamu singkirkan dengan segera, menghubungi dokter ahli kecantikan adalah solusi yang paling tepat.

Ilustrasi tindakan dokter ahli kecantikan. (Pinterest)
Ilustrasi tindakan dokter ahli kecantikan. (Pinterest)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI