5 Cara Sederhana Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala

Meski nggak kelihatan, jerawat di kulit kepala itu ganggu banget!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 20 Agustus 2018 icon 19:00 WIB
5 Cara Sederhana Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala

Jerawat di kulit kepala. (Pinterest)

Jerawat nggak cuma muncul di wajah saja, tapi juga di kulit kepala. Jerawat di kulit kepala dapat terjadi ketika pori-pori atau folikel rambut tersumbat dan meradang akibat infeksi.

Meskipun nggak kelihatan, jerawat di kulit kepala bisa terasa sakit, gatal, dan mengganggu saat menyisir rambut. Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips mengatasi jerawat di kulit kepala.

1. Gunakan sampo yang tepat

Baca Juga: Cara Mencegah Milia, Bintik Putih Mirip Jerawat pada Wajah

Pastikan jenis dan kandungan produk sampo dan kondisioner yang kamu gunakan. Contohnya, untuk jerawat ringan dan sedang, kamu bisa mencoba produk sampo yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, ketoconazole atau ciclopirox, tea tree oil, serta minyak jojoba.

Asam salisilat dan asam glikolat berguna untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati dan membunuh bakteri. Sedangkan ketoconazole atau ciclopirox adalah bahan antijamur dalam sampo antiketombe.

Jerawat di kulit kepala. (Pinterest)
Jerawat di kulit kepala. (Pinterest)

 

Baca Juga: Jangan Dipencet, Jerawat Jenis Ini Butuh Perhatian Ekstra

2. Jangan terlalu sering memegang kulit kepala

Pencegahan jerawat di kepala nggak berbeda jauh dengan jerawat di wajah. Jadi, hindari terlalu sering memegang kulit kepala dengan tangan kotor.

Memencet jerawat di kulit kepala dengan jari atau alat apapun juga menjadi hal terlarang. Hal tersebut dapat menyebabkan infeksi yang lebih parah dan jerawat makin banyak.

3. Hindari produk yang menyumbat pori

Ketika kulit kepala berjerawat, disarankan untuk menghindari pemakaian produk rambut komedogenik seperti wax, sampo, pomade, minyak rambut, dan hairspray yang dapat menyumbat pori-pori kulit kepala.

Produk jenis ini dapat menumpuk di rambut dan kulit kepala. Akibatnya, kotoran dan minyak dapat menyumbat pori-pori kulit kepala sehingga menimbulkan jerawat.

Jerawat di kulit kepala. (Pinterest)
Jerawat di kulit kepala. (Pinterest)

4. Biarkan kulit bernapas

Kalau kamu sering memakai penutup kepala seperti topi, helm maupun hijab, ada baiknya untuk melepaskannya sejenak. Kulit kepala yang tertutup bakal meningkatkan resiko tumbuh jerawat karena suhu panas, gesekan atau tekanan pada kulit.

Jadi pastikan untuk membiarkan kulit kepala lebih sering bernapas, terlebih saat rambut masih basah setelah keramas.

5. Sisir rambut setiap hari

Baca Juga: Inilah 5 Cara Membuat Masker Apel untuk Perawatan Wajah

Menyikat atau menyisir rambut juga bisa membantu mencegah jerawat di kulit kepala lho. Rutin menyisir rambut dapat membantu mencegah jerawat dengan menghilangkan sel-sel kulit yang menyumbat pori-pori serta memisahkan helai rambut yang menahan minyak dan terjebak di kulit kepala.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI