Ini Bahayanya Suka Pinjam Lipstik Teman

Kedengarannya sepela, cuma pinjam lipstik teman. Apa salahnya?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 23 Agustus 2018 icon 09:00 WIB
Ini Bahayanya Suka Pinjam Lipstik Teman

Ilustrasi makeup. (Pexels)

Lipstik adalah salah satu senjata utama tampilan makeup sehari-hari. Meskipun sudah membawa sendiri, terkadang lipstik teman terlihat terlalu menggoda untuk dicoba, apalagi kalau warnanya berhasil membuatmu jatuh hati. Namun, tahukah kamu jika pinjam lipstik teman itu termasuk kebiasaan buruk?

Sebagian besar kosmetik memang mempunyai kandungan pengawet yang dirancang untuk membunuh bakteri. Walaupun begitu, apakah itu berarti lipstik kesayanganmu sama sekali tidak bisa berubah menjadi penyalur bakteri dan virus?

Nah, berikut adalah beberapa alasan kenapa kamu sebaiknya jangan pinjam lipstik teman atau sebaliknya. 

Baca Juga: 5 Merek Kecantikan yang Mempunyai Koleksi Travel Size

Color Matte Mettalic. (Instagram/@purbasarimakeupid)
Color Matte Mettalic. (Instagram/@purbasarimakeupid)

1. Menyebarkan bakteri

Bibir mempunyai pembuluh darah yang luas di bawah permukaannya. Apapun yang kamu oleskan pada membran tipis bibir, secara otomatis bakal diteruskan ke sistem tubuh lainnya melalui aliran darah, termasuk bakteri.

2. Virus mengendap

Baca Juga: 7 Cara untuk Tampil Sempurna dengan No Makeup Makeup Look

Virus yang terdapat di tubuh seseorang bisa menempel di lipstik dan bertahan selama beberapa minggu. Masalahnya, kamu tidak tahu temanmu itu sedang atau pernah punya masalah kesehatan apa, kan? Jika iya, kamu berpeluang tertular lho.

Produk lipstik rasa gelato ala Elizabeth Arden. (Instagram/@elizabetharden)
Produk lipstik rasa gelato ala Elizabeth Arden. (Instagram/@elizabetharden)

3. Jangan menggunakan jari

Banyak yang berpikir kalau menggunakan jari saat meminta lipstik teman lebih aman dan bersih. Sayangnya, kamu mungkin lupa kalau tanganmu juga bisa membawa bakteri. Malah jadi makin parah, kan?

Jadi, apakah kamu masih ingin pinjam lipstik teman? Satu dua kali masih dimaafkan, deh. Cuma kalau bisa dihindari, kenapa tidak?

 

Baca Juga: Lipstik Rasa Gelato, Bikin Bibirmu Jadi Lebih Manis

Artikel ini sudah dipublikasikan di HiMedik.com dengan judul Bahaya! Jangan Biasakan Pinjam Lipstik Teman, Bisa Kena Virus

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI