Bulu Mata Rontok di Usia 30 Tahun, Simak Penjelasan Pakar

Bulu mata tak lagi tebal dan panjang?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 07 September 2018 icon 16:00 WIB
Bulu Mata Rontok di Usia 30 Tahun, Simak Penjelasan Pakar

Ilustrasi bulu mata tebal dan panjang. (Pixabay)

Bulu mata yang tebal dan panjang telah menjadi salah satu kunci penampilan perempuan. Tidak heran jika banyak perempuan yang melakukan perawatan maupun makeup demi membuat bulu mata terlihat menakjubkan. Namun, menginjak usia 30 tahun, kenapa bulu mata seakan tidak lagi tebal dan panjang, bahkan cenderung rontok?

Dikutip dari Women Healths Magazine, seorang dokter kulit bernama Dendy Engelman, M.D. mengungkapkan rambut dan bulu mata umumnya memang akan menjadi lebih tipis, kering, dan rontok di usia 30 tahun.

''Sayangnya, semakin tua, kondisi tersebut juga akan mempengaruhi bulu mata Anda,'' kata dia.

Baca Juga: Tips Pakai Bulu Mata Palsu Biar Terlihat Natural dan Nggak Lebay

Engelman menjelaskan, seperti kasus kerontokan rambut, bulu mata rontok dapat disebabkan oleh perubahan hormon atau kekurangan vitamin. Menggosoknya secara berlebihan, kekeringan, penyakit autoimun tertentu, dan ketombe kelopak mata juga dapat menyebabkan bulu mata rontok.

Kendati begitu, dokter kulit lainnya dari Wexler Dermatology, Francesca Fusco, M.D. menegaskan bahwa bulu mata dapat ditumbuhkan kembali sehingga kamu tidak perlu sibuk menggunakan maskara 12 lapis setiap hari.

Ilustrasi bulu mata tebal dan panjang. (Pixabay)
Ilustrasi bulu mata tebal dan panjang. (Pixabay)

Hanya saja, kamu tetap harus berhati-hati. Area bulu mata begitu sensitif, khususnya kulit di sekitar bulu mata yang sangat tipis dan tentunya bisa berpengaruh terhadap kesehatan mata secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Penyebab Bulu Mata Rontok

Lalu, bagaimana cara perawatan bulu mata yang tepat? Nah, kamu bisa mencoba beberapa tips yang disetujui para ahli untuk menumbuhkan kembali bulu mata. Salah satunya adalah penggunaan serum pertumbuhan bulu mata. Bicaralah dengan dokter kecantikan agar bisa mendapatkan hasil yang optimal.

''Saya juga merekomendasikan menggunakan formulasi alami. Meskipun mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk tumbuh kembali, tapi bahan tersebut jauh lebih lembut pada kulit dan rambut,'' ujar Engelman.

Ilustrasi jahe dan minyak zaitun / Pixabay.com
Ilustrasi minyak rosemary. (Pixabay)

Engelman memaparkan, salah satu bahan alami yang bisa digunakan adalah minyak jarak. Minyak jarak diketahui mengandung asam ricinoleic yang membantu mencegah pertumbuhan mikroba dan detoksifikasi kulit.

Minyak jarak juga mengandung asam amino yang membantu menyehatkan dan memperbaiki kerusakan pada bulu mata.

''Rosemary serta minyak zaitun juga dapat membantu menguatkan bulu mata dan menambahkan kilau pada bulu mata,'' ucap dia menambahkan.

 

Baca Juga: Bulu Mata Rontok? Ini 3 Rekomendasi Eyelash Serum Lokal

Artikel sudah dipublikasikan sebelumnya di Suara.com dengan judul Bulu Mata Rontok di Usia 30 Tahun, Ini Penjelasan Pakar

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI