Tertarik Perawatan Wajah? Ikuti Panduan Ini Ya!

Untuk orang yang baru tertarik dunia perawatan wajah, penting untuk baca panduan berikut ini.

By: Dany Garjito icon Minggu, 09 September 2018 icon 13:00 WIB
Tertarik Perawatan Wajah? Ikuti Panduan Ini Ya!

Ilustrasi perawatan wajah. (Pinterest)

Banyak orang yang enggan melakukan perawatan wajah dengan alasan mahal. Mereka terlanjur terjebak dalam perspektif seperti itu, padahal jika dipelajari lebih jauh, banyak kok cara merawat wajah yang nggak mahal.

DewiKu sering banget bikin ulasan tentang masker wajah dari bahan alami yang jauh lebih hemat dan aman. Begitu juga dengan skincare alternatif untuk produk yang manjur tapi pricy, DewiKu juga pernah bikin daftarnya lho! Rajin-rajin buka laman Dewiku.com deh Girls!

BACA INI GIRLS: Masker Tepung Maizena, Cara Praktis Mencerahkan Wajah

Baca Juga: Masker Labu Kuning, Perawatan Alami untuk Wajah Awet Muda

Kali ini DewiKu mau bahas tentang panduan dasar buat kamu yang baru terarik dalam dunia perawatan wajah. Panduan ini penting banget kamu baca sebelum terjun terlalu jauh dalam dunia 'percentilan' yang sangat complicated ini. Cekidot!

Jangan puas dengan daily cream saja

Ilustrasi serum wajah. (Unsplash)
Ilustrasi serum wajah. (Unsplash)

 

Baca Juga: Jangan Sepelekan, 4 Masker Alami Ini Ampuh Cerahkan Wajah

Girls, jika selama ini kamu sudah cukup puas dengan satu produk skincare, yaitu daily cream, maka kamu salah besar!

Kulit wajah membutuhkan perawatan ekstra agar tetap terjaga kesehatannya. Faktanya kulit akan semakin kehilangan elastisitasnya seiring dengan bertambahnya usia.

Kamu harus bisa memperhitungkan ini sejak awal, karena bagaimana pun, mencegah lebih baik daripada mengobati. Perawatan yang kamu lakukan sekarang akan sangat berguna untuk tahun-tahun berikutnya.

Agar kulitmu terjaga kelembapannya pada malam hari, penting untuk menggunakan night cream! Utamanya bagi kamu yang berusia awal 30an.

Mulailah cari tahu tentang night cream yang cocok untuk jenis kulitmu. Kamu bisa main ke drugstore seperti Watson atau Guardian untuk melirik berbagai jenis night ceam. Di sana ada banyak pilihan dengan harga yang variatif.

Begitu juga dengan penggunaan serum wajah. Kulitmu yang semakin berkurang keremajaannya sangat butuh perawatan ekstra berupa asupan nutrisi dari serum.

Nggak usah khawatir dengan harga girls, belakangan banyak brand yang meluncurkan serum wajah dengan harga yang bersahabat kok. Kamu bisa cek postingan DewiKu tentang serum wajah.

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Sheet Mask dari Brand Lokal

Ganti produk pabrikan dengan bahan alami

Masker kopi. (Pinterest)
Masker kopi. (Pinterest)

 

Menggunakan skincare pabrikan memang mudah. Kamu bisa langsung pakai tanpa repot mencampurkan bahan-bahan lain agar sesuai dengan jenis kulit. Tapi nggak ada salahnya jika sesekali kamu memanjakan kulit wajah dengan bahan-bahan alami, seperti masker dari putih telur atau madu.

Dua bahan di atas memang sangat baik untuk menutrisi kulit wajah. Putih telur mengandung kolagen yang dapat mengembalikan kekenyalan kulit, sedangkan madu sangat berkhasiat untuk kelembapan dan kekencangan kulit.

Kamu ingin melakukan scrubbing wajah untuk mengangkat sel kulit mati? Jangan buru-buru beli produk pabrikan ya, kamu bisa gunakan bubuk kopi dan minyak zaitun, Girls.

Caranya gampang, cukup campurkan 2 sdm bubuk kopi dengan 3 sdm minyak zaitun dan gunakan pasti tersebut untuk eksfoliasi. Bukan cuma mengangkat sel kulit mati, masker ini juga bisa mencerahkan wajah lho!

Rajin membersihkan wajah

Ilustrasi cuci muka. (Pinterest)
Ilustrasi cuci muka. (Pinterest)

 

Inti dari perawatan wajah adalah kulit yang bersih dan ternutrisi. Jadi segala macam perawatan yang dilakukan nggak akan maksimal kalau kamu jarang membersihkan wajah.

Idealnya, kamu bisa cuci muka dua kali sehari, yaitu malam sebelum sebelum tidur dan pagi hari sebelum beraktivitas. Namun khusus untuk malam hari, kamu harus ekstra telaten dengan pembersihan yang lebih mendalam agar kotoran dan sisa-sisa makeup dapat terangkat dengan sempurna.

Bersihkan wajah dengan milk cleanser atau micellar water sebelum membilasnya dengan air dan sabun. Cara ini penting banget biar wajah kamu tetap kinclong dan bebas jerawat.

Untuk pagi hari, sebaiknya hindari pemakaian sabun wajah saat cuci muka. Cukup bilas wajahmu dengan air bersih dan tepuk permukaannya dengan handuk hingga kering.

Menghindari sabun wajah pada pagi hari sangat penting untuk menjaga kadar minyak alami pada wajah. Namun jika kamu harus melanjutkan aktivitas dengan makeup yang berat, maka mencuci dengan sabun yang sesuai jenis kulit sangat dianjurkan.

Jaga Kelembapan kulit dari dalam

Ilustrasi minum air putih. (Pinterest)
Ilustrasi minum air putih. (Pinterest)

 

Girls, selalu minum air putih minimal 7 gelas sehari untuk menjaga kelembapan kulitmu ya!

Jika kulitmu sudah terhidrasi dari dalam, maka rangkaian perawatan wajah yang kamu gunakan dapat bekerja lebih maksimal.

Satu lagi, istirahat yang cukup juga sangat penting untuk mendapatkan wajah sehat dan terawat.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Masker Alpukat untuk Perawatan Wajah

Jika kamu sudah melakukan panduan dasar seperti ini, kulit wajahmu pasti terjaga nutrisinya dan kamu nggak butuh lagi skincare tambahan seperti rangkaian K-Beauty yang merepotkan itu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI