Beauty

Penyebab Bibir Kering yang Sering Nggak Disadari

Bibir kering sering membuat nggak nyaman dan penampilan kurang maksimal.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi

Ilustrasi bibir. (Pinterest)
Ilustrasi bibir. (Pinterest)

Dewiku.com - Bibir kering sering dianggap sepele, padahal ini bisa terasa sangat terganggu. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab bibir kering dan kita nggak sadari itu.

Bibir kering nggak hanya menganggu penampilan saja. Ini juga membuat lipstik jadi nggak menempel dengan sempurna. Siapa nih yang kira-kira nggak bisa lepas dari lipstik setiap hari?

Lipstik mempunyai sederet warna yang menggoda. Riasan wajah juga terasa belum sempurna tanpa lipstik. Tapi nggak oke banget dong kalo bibir kita kering. Iya, kan? Supaya terhindar dari kondisi bibir kering, coba kita cari tahu apa penyebabnya. Simak di bawah ini, yuk!

1. Kurang minum air putih

Ilustrasi minum air putih. (Pinterest)
Ilustrasi minum air putih. (Pinterest)

Jika tubuhmu selalu dalam keadaan dehidrasi, itu tandanya kamu kurang minum air putih. Untuk itu, penting selalu mencukupi kebutuhan air putih minimal 8 gelas per hari agar tubuh tetap segar dan lembap.

2. Sering menjilat bibir

Kebanyakan orang menjadikan ini sebagai kebiasaan. Jika ini menjadi salah satu kebiasaanmu, coba hentikan mulai sekarang. Menjilat bibir secara tidak langsung akan menghilangkan kelembapan alami, sehingga bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

3. Formula lipstik yang tidak cocok

Ilustrasi lipstik ombre. (Pinterest)
Ilustrasi lipstik ombre. (Pinterest)

Sering menggunakan lipstik dan bibirmu terasa kering? Ini bisa jadi karena ada kandungan di dalam lipstik yang nggak cocok dengan bibirmu. Disarankan untuk memakai lip balm sebelum mengaplikasikan lipstik.

4. Terlalu banyak mengonsumsi garam

Tahukah kamu jika garam ternyata bisa mengikat cairan yang ada di dalam tubuh? Hal ini menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi sehingga bibir pun menjadi kering.

Maka dari itu, ada baiknya membatasi makaman yang mengandung garam tinggi seperti, junk food dan makanan instan lainnya. Sangat disarankan memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

5. Berada terlalu lama di dalam ruangan ber-AC

Makan siang di meja kerja. (Pinterest)
Makan siang di meja kerja. (Pinterest)

Udara yang dingin atau terlalu lama berada di ruangan ber-AC juga membuat bibir menjadi kering, lho. jadi selalu siapkan pelembab bibir di dalam tas, agar kamu bisa memakainya ketika merasa bibirmu sudah dalam keadaan kering.

Berita Terkait

Berita Terkini