Beauty

5 Kesalahan Merawat Rambut yang Sering Cewek Lakukan

Ini jadi kesalahan yang paling umum.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Wendy Red Velvet. (Instagram/@redvelvet.smtown)
Wendy Red Velvet. (Instagram/@redvelvet.smtown)

Dewiku.com - Rambut indah dan sehat tentu membawa kepercayaan diri tersendiri bagi para cewek. Tapi aktivitas mencatok, cat rambut bahkan polusi bisa bikin keindahan rambutmu luntur. Belum lagi dengan kebiasaan perawatan rambut harian yang salah diterapkan.

Dilansir dari In Style, berikut 5 kesalahan merawat rambut yang sering para cewek lakukan menurut dua top hairstylist New York, Eliut Rivera dan Siobhan Quilan.

1. Selalu mengucir rambut

''Ini akan menyebabkan kerontokan, terutama jika rambut diikat kencang,'' kata Rivera. Jika mengucirnya terlalu sering dan ketat, akan terlalu banyak tarikan parah yang bahkan dapat merusak folikel rambut.

Hal ini menyebabkan jenis kerontokan rambut bertahap yang disebut 'traksi alopecia.' Akhirnya, rambut rontok bahkan bisa menjadi permanen.

Gaya rambut Ariana Grande. (Instagram/@arianagrande)
Gaya rambut Ariana Grande. (Instagram/@arianagrande)

2. Menghabiskan semua uang di salon tetapi berhemat di rumah

''Orang menghabiskan begitu banyak waktu dan uang di salon, tetapi kemudian mereka nggak mau berinvestasi pada produk berkualitas untuk merawat rambut mereka di rumah," kata Quinlan.

Dia mencatat bahwa banyak produk perawatan rambut drugstore lebih murah karena mereka memiliki bahan yang lebih murah dan keras untuk rambut.

3. Rajin masker wajah, tapi nggak masker rambut

Quinlan mengatakan rambut terbuat dari banyak hal yang sama seperti kulit, terutama keratin. ''Semua orang mengatakan bahwa mereka nggak punya waktu [untuk masker rambut],'' kata Quinlan.

Dia pun menyarankan sebuah trik, yakni sesudah mengoleskan masker rambut, cukup tutupi dengan plastik penutup kepala. Hal itu akan memungkinkan kita bisa melakukan hal lain tanpa perlu khawatir cairan masker rambut beluberan ke mana-mana.

Ilustrasi perempuan mengikat rambut. (Pixabay)
Ilustrasi perempuan mengikat rambut. (Pixabay)

4. Menyikat rambut setelah keramas, bukan sebelumnya.

Kondisi rambut paling rapuh adalah saat basah, kata Quinlan. ''Jangan menyisirnya dengan sikat setelah keramas jika kamu nggak mau rambutmu pecah-pecah.''

Kalau memang perlu diuraikan, ia menyarankan untuk menyikatnya sebelum keramas, ketika rambut masih kering. Kemudian ketika masih basah, gunakan sisir gigi lebar atau sikat yang dirancang khusus untuk menangani rambut basah.

5. Hanya menggunakan satu jenis shampo dalam jangka waktu yang panjang.

Rahasia rambut kusam dan tak bernyawa adalah tetap menggunakan sampo yang sama dari tahun ke tahun. Untuk rambut yang lebih mengilap dan indah, ubah sampo secara teratur.

Menurut Rivera, berbagai sampo akan membantu rambut pulih dengan sendirinya dan menjadi mudah dikelola. ''Baik untuk memiliki beberapa sampo yang berbeda dengan tujuan yang berbeda, seperti sampo pelembap, sampo berkilau, sampo warna-aman, dan sampo volume yang dipakai bergantian.''

Berita Terkait

Berita Terkini