Beauty

Jangan Asal Mencoba, Ini Tips Perawatan Laser Wajah

Ada hal-hal yang harus diperhatikan untuk mencegah efek samping laser wajah.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi perempuan cantik. (Unsplash/Anthony Tran)
Ilustrasi perempuan cantik. (Unsplash/Anthony Tran)

Dewiku.com - Laser wajah adalah salah satu metode perawatan wajah yang populer di dunia. Meskipun begitu, kamu tidak boleh sembarangan mencobanya. Ada sederet prosedur yang mesti diperhatikan agar tidak menyebabkan efek samping. 

Perawatan laser wajah dianggap sangat ampuh mencerahkan kulit wajah dalam waktu seketika serta memperlambat penuaan dini.

Cara kerja laser sangat sederhana. Sinar monokrimatik dari laser akan menembus permukaan kulit tanpa proses merusak struktur lapisan kulit. 

''Sinar laser yang keluar diserap tubuh lalu diubah menjadi energi panas dan menargetkan sel epidermis atau dermis pada lapisan kulit,'' kata dokter Spesialis  Kulit dan Kelamin dari RS. Pondok Indah Puri Indah Jakarta, dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK, Kamis, (13/9/2018) kemarin.

Ilustrasi perempuan cantik. (Unsplash/Chloe Holliday)
Ilustrasi perempuan cantik. (Unsplash/Chloe Holliday)

Dewi mengungkapkan, metode laser wajah sangat efektif karena memiliki target perawatan yang lebih jelas, yakni bagian melanin dan hemoglobin dalam kulit.

Walaupun demikian, laser wajah juga punya efek samping. Hal itu antara lain kulit kemerahan, iritasi, dan pigmentasi yang tampak lebih gelap sesaat setelah melakukan laser.

''Tapi kalau dilakukan oleh dokter yang berpengalaman, risiko efek samping akan mengecil," ujar Dewi.

Dewi lalu memberikan tips agar metode laser berhasil dilakukan tanpa efek samping berlebih.

Ilustrasi perempuan cantik. (Unsplash/Florescer Fotografia)
Ilustrasi perempuan cantik. (Unsplash/Florescer Fotografia)

Pertama, pasien harus menghindari penggunaan krim malam tiga hari sebelum dan tiga hari sesudah menjalani perawatan laser wajah.

Kedua, pasien mesti menghindari paparan sinar matahari langsung selama minimal dua minggu paska melakukan laser wajah. Tujuannya agar tubuh tidak memroduksi pigmen lebih banyak lagi yang malah akan membuat wajah kembali dipenuhi bintik hitam.

Dewi pun mengingatkan pentingnya selalu menggunakan tabir surya sebagai upaya perlindungan kulit.

 

Artikel ini sudah dipublikasikan di Suara.com dengan judul Jangan Asal Lakukan Laser Wajah, Ikuti Tips Ini

Berita Terkait

Berita Terkini