Label No Animal Testing, Cruelty Free dan Vegan, Ini Bedanya

Ketiga label kosmetik yang perlu kamu pahami.

By: Tinwarotul Fatonah icon Kamis, 20 September 2018 icon 11:03 WIB
Label No Animal Testing, Cruelty Free dan Vegan, Ini Bedanya

Ilustrasi makeup. (Pinterest)

Bicara soal kosmetik, pasti kamu sering mendengar himbauan untuk memilih kosmetik yang bebas animal testing. Selain itu dihimbau juga untuk menggunakan kosmetik berlabel cruelty free dan vegan.

Meski umum dibicarakan, apakah kamu mengetahui perbedaan ketiga label itu? Kalau belum tahu, yuk simak ulasan DewiKu di bawah ini.

1. No animal testing

Baca Juga: Perlu Tahu, 4 Jenis Wewangian dan Perbedaannya

Jika suatu brand kecantikan mengklaim bahwa produknya No Animal Testing policy atau mencantumkan ''not tested on animals'', maka kamu bisa yakin bahwa tidak ada hewan yang dijadikan subyek percobaan untuk produknya.

Namun kamu harus jeli, sebab produk no animal testing belum tentu cruelty free karena bisa saja dalam komposisinya masih menggunakan bahan baku hewani yang diambil dengan cara menyakiti hewan terlebih dahulu.

Ilustrasi no animal testing. (Pexels)
Ilustrasi no animal testing. (Pexels)

2. Cruelty-free

Baca Juga: Perbedaan Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi yang Perlu Kamu Tahu

FYI, istilah ini pertama kali muncul di dunia mode karena penggunaan bulu hewan asli untuk mantel musim dingin. Nah untuk produk kosmetik, label ini berarti tidak membahayakan atau membunuh hewan. Tapi bisa saja komposisinya masih menggunakan bahan baku hewani seperti beeswax (lilin lebah).

Namun jika bahan baku tersebut diperoleh tanpa menyakiti hewan, maka produk tersebut tergolong cruelty free. Begitu juga pada pengujian produknya. Jika tidak diujikan pada hewan, produk tersebut bisa tergolong cruelty free.

Ilustrasi minyak zaitun. (Pexels)
Ilustrasi minyak zaitun. (Pexels)

3. Vegan

Baca Juga: Girls, Ini Lho Produk Viva Paling Populer!

Tidak cuma lifestyle, konsep vegan juga sekarang ramai diberlakukan pada kosmetik. Produk yang memiliki label vegan artinya produk ini sama sekali tidak mengandung unsur hewani dan proses pengujiannya tidak melibatkan hewan. Mereka mengambil ekstrak tumbuhan atau bahan baku kimia sebagai pengganti bahan baku hewani. Kalau kamu sering was-was mengenai isi produk kosmetik yang beredar di pasaran, nah vegan adalah salah satu pilihan terbaik untuk dibeli.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI