Apakah Rambut Rontok Perlu Dikhawatirkan?

Helai rambut berguguran? Tenang, jangan panik dulu.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 26 September 2018 icon 17:30 WIB
Apakah Rambut Rontok Perlu Dikhawatirkan?

Ilustrasi rambut. (Pexels)

Rambut bervolume, lebat, dan berkilau dianggap sebagai kondisi rambut paling sehat oleh kebanyakan orang. Maka dari itu, tidak jarang banyak yang panik ketika mendapati rambut rontok. Pikiran negatif pun muncul, menerka-nerka apa yang tidak beres dengan kesehatan kepala.

Banyaknya helai rambut yang rontok tentu bikin khawatir. Meski begitu, sebenarnya beberapa kerontokan rambut itu normal untuk semua orang dan pada setiap usia, kok. Jadi, tidak perlu khawatir berlebihan dulu.

Dilansir dari Healthline, menurut American Academy of Dermatologists, adalah hal normal kehilangan antara 50 hingga 100 helai rambut per hari.

Baca Juga: Punya Rambut Keriting, 5 Artis Ini Tampil Memukau

Untuk orang dengan helai rambut panjang, kerontokannya mungkin terlihat lebih parah. Namun karena ada 100.000 folikel rambut (atau lebih banyak) pada kulit kepala setiap orang, hilangnya sekitar 100 helai rambut hari tidak membuat perbedaan besar dalam penampilan.

Ilustrasi rambut. (Pexels)
Ilustrasi rambut. (Pexels)

Selain itu, wanita cenderung kehilangan rambut lebih banyak per hari daripada pria. Hal ini dikarenakan wanita mengalami peristiwa kehidupan seperti kehamilan dan menopause.

Idealnya, kita pasti ingin punya rambut kuat dan tidak rapuh. Tapi tentu saja hal itu mustahil karena kita adalah makhluk hidup yang terus berkembang dan menua. Sel kulit mati berganti, begitu juga rambut pada kulit kepala kita.

Baca Juga: 5 Kesalahan Merawat Rambut yang Sering Cewek Lakukan

Penting untuk diketahui bahwa pertumbuhan rambut manusia memiliki siklusnya sendiri yang terbagi dalam tiga fase. Yakni fase Pertumbuhan (anagen) yang lamanya berkisar 2-5 tahun, fase istirahat (katagen) 2-4 minggu, fase istirahat (telogen) sekitar 3-4 bulan dan fase krontokan (exogen).

Berawal di Anagen, rambut akan berakhir di fase Exogen, dan begitu seterusnya. Siklus rambut akan kembali lagi ke tahap awal setelah mencapai fase terakhir.

Ilustrasi rambut. (Pexels)
Ilustrasi rambut. (Pexels)

Di fase terakhir, helai rambut tersebut akan rontok dengan sendirinya. Tapi tidak perlu khawatir saat rambut rontok. Sebab, rambut tersebut akan digantikan dengan rambut yang baru.

Nah, jadi kalau kamu merasa jumlah helai rambut yang rontok masih berkisar di angka normal itu, yakni 50 hingga 100 helai maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Baca Juga: Punya Rambut Kaku? Ini Cara Mengatasinya

Tetapi, jika jumlah rambut yang rontok per hari sudah melebihi 100, bisa dibilang kerontokan yang kamu alami sudah tidak wajar. Apalagi kalau banyaknya rambut rontok sudah melewati jumlah batas normal dan terjadi secara terus menerus selama tiga bulan atau lebih.

Sebaiknya, jika masalah rambut rontok yang kamu alami semakin mengkhawatirkan, segera periksakan untuk mengetahui penyebab kerontokannya dan mendapatkan perawatan intensif.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI