Yuk Ketahui Manfaat Chia Seed untuk Kecantikan

Si kecil banyak manfaat!

By: Angga Roni Priambodo icon Sabtu, 29 September 2018 icon 20:45 WIB
Yuk Ketahui Manfaat Chia Seed untuk Kecantikan

Chia seed. (Pexels)

Kalau kamu mengikuti tren hidup sehat, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya chia seed, jenis biji-bijian yang berasal dari Meksiko. Belakangan chia seed cukup digemari oleh pencinta makanan organik. Meski kecil, kabarnya chia seed punya segudang manfaat baik bagi tubuh.

Namun tidak berhenti sampai di situ, biji chia juga bermanfaat untuk kecantikan kulit dan rambut,lho. Dilansir dari Boldsky, berikut sederet manfaat chia seed untuk kecantikan. Yuk simak!

1. Membantu mencegah jerawat
Chia seed memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mencegah timbulnya jerawat serta mengunci kelembapan. Caranya mudah, cukup haluskan biji chia dan campurkan dengan plain yogurt. Aplikasikan dua kali dalam sehari.

Baca Juga: 4 Hal yang Wajib Dilakukan setelah Olahraga

Chia seed. (Pexels)
Chia seed. (Pexels)

 

2. Membuat kulit lebih sehat
Minyak dari chia seed bisa menjadi salah satu bahan terbaik yang dapat membantu untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya. Caranya, ambil beberapa tetes minyak biji chia dan pijat wajah secara perlahan. Biarkan semalaman kemudian cuci dengan air bersih di pagi hari.

3. Mencegah tanda-tanda penuaan
Menurut penelitian, chia seed mengandung 30 persen lebih banyak antioksidan dibandingkan blueberry, yang dapat membantu membalikkan tanda-tanda penuaan. Menggunakan chia seed pada wajah dapat membantu untuk menyamarkan garis-garis halus, kerutan pada kulit serta bintik-bintik hitam.

Baca Juga: 5 Manfaat Tidur Tanpa Busana yang Harus Kamu Tahu

Chia seed. (Pexels)
Chia seed. (Pexels)

 

4. Meningkatkan pertumbuhan dan mengembalikan kilau rambut
Selain antioksidan, biji chia juga mengandung 23 persen protein keratin yang dapat membuat rambut lebih kuat dan berkilau. Kamu bisa menjadikannya masker rambut, ambil beberapa sendok biji chia dan tambahkan air, biarkan semalaman hingga lunak. Lalu, haluskan hingga berbentuk pasta. Aplikasikan pada rambut sebagai hair mask dan tutup menggunakan shower cap. Biarkan 30 menit kemudian bilas hingga bersih.

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Ini Lho Khasiat African Black Soap

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI