Tips agar Kulit Tidak Hitam usai Berenang

Sekarang kamu bisa berenang sepuasanya tanpa takut gosong.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 02 Oktober 2018 icon 07:00 WIB
Tips agar Kulit Tidak Hitam usai Berenang

Berenang. (Unsplash)

Berenang adalah salah satu olahraga yang menyenangkan karena semua anggota badan bisa bergerak dengan leluasa. Namun berenang di tempat terbuka dan di bawah matahari terik bakal membuat kulit hitam dan gosong.

Nah, kalau tidak mau kulit menghitam meskipun kamu suka sekali berenang, coba deh baca tips biar kulit tidak hitam usai berenang berikut ini.

1. Losion dan tabir surya

Keduanya adalah produk wajib yang harus digunakan sebelum dan sesudah berenang. Pilih tabir surya dengan SPF tinggi agar terjaga dari jahatnya sinar matahari dan losion yang punya tingkat kelembapan tinggi.

Berenang. (Unsplash)
Berenang. (Unsplash)

2. Langsung mandi

Jangan menunggu sampai badan kering usai berenang untuk mandi. Seperti yang kita tahu, air kolam mengandung kaporit yang tidak baik untuk kulit, terlebih setelah terpapar sinar matahari untuk jangka waktu lama.

Bilas seluruh tubuh dengan sabun dan sampo. Jika memungkinkan, mandilah dengan air hangat karena akan lebih mempercepat proses pelepasan bahan kimia yang menempel pada tubuh.

3. Rajin pakai lulur

Untuk mengatasi kulit gosong dan kusam setelah berenang, kamu dapat mengandalkan lulur. Dengan rajin pakai lulur, kulit kusam setelah berenang akan hilang dan warna kulit aslimu akan kembali seperti semula.

Berenang. (Unsplash)
Berenang. (Unsplash)

4. Lidah buaya

Untuk menetralkan warna kulit, lidah buaya dapat dipakai sebagai losion. Ambillah sebatang lidah buaya ukuran sedang. Oleskan gel yang ada di bagian dalam buah lidah buaya ke seluruh bagian tubuh yang belang.

Diamkan beberapa saat hingga kering dan bilas dengan air bersih. Kalau tidak ingin ribet, pakai saja produk gel aloe vera yang kini banyak dijual di drugstore.

5. Masker mentimun

Selain lidah buaya, kamu juga bisa menggunakan mentimun untuk dioleskan di bagian yang belang. Caranya potong mentimun dan oleskan beberapa kali ke kulit lalu tunggu hingga kering.

Lakukan dengan rutin dan warna kulit akan kembali seperti semula dalam beberapa hari.

Masih was-was punya masalah kulit hitam usai berenang? Nggak, kan?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI