6 Tips Jitu Menghilangkan Ketombe pada Rambut Wanita Berhijab

Sebab rambut yang tertutup lebih rawan berketombe.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 05 Oktober 2018 icon 07:45 WIB
6 Tips Jitu Menghilangkan Ketombe pada Rambut Wanita Berhijab

Berhijab. (Unsplash)

Meski terlihat aman karena tertutup hijab, rambut wanita berhijab pun perlu perawatan ekstra. Sebab, menggunakan hijab dapat membuat rambut semakin lepek dan menimbulkan beberapa masalah lain, seperti ketombe.

Nah, berikut ini DewiKu punya tips jitu untuk menghilangkan ketombe pada rambut wanita berhijab. Yuk, simak!

1. Rutin menyisir rambut

Baca Juga: Wow, Ternyata Ini Manfaatnya Menambahkan Garam saat Keramas

Ini nih, kemalasan utama wanita berhijab. Mentang-mentang rambutnya tertutup jadi langsung diikat tanpa menyisirnya lebih dulu.

Sisirlah rambut secara rutin minimal dua kali sehari. Gunakanlah sisir dengan rongga yang sedang.

Selain mencegah rambut rontok, hal ini juga dapat membantu memperlancar peredaran darah di kulit kepala dan membersihkan kotoran yang menempel.

Baca Juga: 4 Tips Perawatan Rambut bagi Wanita Berhijab

Berhijab. (Unsplash)
Berhijab. (Unsplash)

2. Cuci rambut secara teratur

Jarang keramas bakal menimbun kotoran di kulit kepala. Akibatnya kombinasi kotoran, minyak dan keringat akan memicu timbulnya ketombe.

Rutinlah keramas 2-3 kali seminggu. Pilih juga sampo yang dirancang khusus bagi perempuan berhijab, ya. Kalau mau lebih aman, bisa juga pilih sampo berbahan herbal.

3. Jangan gunakan hijab saat rambut masih basah

Setelah keramas, sebaiknya pastikan rambut benar-benar kering, baru memakai hijab. Rambut yang masih basah kalau diikat dan langsung ditutup hijab bakal membuatnya lembap dan rawan memunculkan ketombe.

Jika ingin mengeringkannya lebih cepat menggunakan hairdryer, aturlah pada suhu rendah atau sedang untuk meminimalisir kerusakan yang ditimbulkan.

4. Perhatikan bahan dan kebersihan hijab

Penting bagi para hijaber untuk mengetahui kain hijab yang sirkulasi udaranya baik. Jadi meski tertutup hijab, rambut tetap bisa bernapas dengan baik dan terjaga kesehatannya.

Selain iu, menggunakan hijab yang selalu bersih juga penting untuk menjaga rambut dari kotoran penyebab ketombe.

Berhijab. (Unsplash)
Berhijab. (Unsplash)

5. Pakai Hair Tonic

Untuk mengatasi rambut dengan masalah ketombe yang sudah akut, kamu dapat menggunakan tonic rambut anti ketombe sesuai kondisi kulit kepala dan rambutmu.

Penggunaan hair tonic ini dapat diaplikasikan dengan cara memijatkannya pada kulit kepala secara perlahan setelah selesai keramas.

6. Teh basi

Kalau mau versi yang lebih murah, air teh basi juga bisa dimanfaatkan. Air teh basi adalah air teh yang telah didiamkan semalaman.

Kamu cukup menyiramkan air teh basi pada kepala sebelum mengeramasinya. Kalau dilakukan secara rutin, dapat mengurangi ketombe, lho.

Baca Juga: Hijabers Cantik Ikut Miss Universe New Zealand 2018

Masalah rambut wanita berhijab memang banyak. Namun, pasti selalu ada solusinya, kok.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI