Kylie Jenner Dituntut ke Pengadilan, Plagiat Kosmetik Lagi?

Kylie Jenner sering dicap sebagai plagiator dalam membesarkan merek kosmetik miliknya.

By: Tinwarotul Fatonah icon Selasa, 23 Oktober 2018 icon 18:00 WIB
Kylie Jenner Dituntut ke Pengadilan, Plagiat Kosmetik Lagi?

Kylie Jenner. (Instagram/@kyliejenner)

Baru-baru ini Kylie Jenner dilaporkan ke pengadilan New York atas pelanggaran merek dagang. Gugatan tersebut rupanya berkaitan dengan rangkaian produk kosmetik yang diluncurkan dalam rangka ulang tahun pemiliknya yang ke-21 tahun.

Yup, Kylie Jenner memang mengeluarkan eye glitter 'Born to Sparkle' yang dibuat dalam rangka ulang tahunnya. Glitter mata tersebut diklaim oleh Sharee Cosmetics sebagai produk yang serupa dengan yang mereka keluarkan pada Oktober tahun lalu.

FYI, Born to Sparkle adalah bagian dari rangkaian produk kosmetik yang diluncurkan untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-21 pada 6 Agustus 2018 lalu. Rangkaian kosmetik ini dinamai #21, sesuai dengan umur Kylie Jenner.

Baca Juga: Boots Mahal Kylie Jenner Vs Boots Murah Jordyn Woods, Bagus Mana?

Born to sparkle dari Kylie Cosmetic. (kyliecosmetics)
Born to sparkle dari Kylie Cosmetic. (kyliecosmetics)

Sebelum diluncurkan, Kylie Jenner mengklaim jika koleksi #21 adalah hasil kerja kerasnya secara personal, sehingga dia tidak sabar untuk berbagi koleksi ini dengan penggemarnya.

Bukan pertama kali

Jika melihat ke belakang, bukan kali ini saja Kylie Jenner berurusan dengan hal-hal yang berbau plagiat terkait merek kosmetik miliknya. Sebelumnya, adik Kim Kardashian ini juga pernah 'diomelin' dengan salah satu merek kosmetik karena dinilai terlalu terinspirasi dengan merek dagang mereka.

Adalah Vlada Cosmetic yang sangat meradang dengan beberapa 'terobosan' Kylie Cosmetic. Bukan tanpa alasan, Kylie Cosmetic ternyata sangat sering menggunakan desain gambar yang identik dengan milik mereka. Salah satu yang paling ikonik adalah gambar bibir yang belepotan lipstik dengan posisi sedikit menganga.

Tuduhan ini bermula ketika Kylie mengunggah gambar bibir berpulaskan lipstik metali, Vlada mengaku telah mengunggah gambar ini terlebih dahulu, yaitu 16 bulan sebelum Kylie meluncurkan produk lipstik metalik ini.

Nggak sampai di situ, netizen rupanya mulai memperhatikan logo Kylie yang digunakan pada produknya. Banyak dari mereka yang berkata jika logo bibir menganga Kylie sangat identik dengan logo yang diunggah Vlada.

Bukan cuma gambar bibir menganga (yang kini menjadi simbol ikonik merek Vlada), Kylie juga mengunggah foto serupa dengan milik Vlada, yaitu  wajah cewek yang matanya ditutup jari tangan dan hanya menyisakan bagian hidung dan bibir yang sudah dipulas lipstik.

Gambar yang menginspirasi Kylie Cosmetic. (Instagram/@vladamua)
Gambar yang menginspirasi Kylie Cosmetic. (Instagram/@vladamua)

Dalam gambar itu, satu-satunya yang berbeda hanyalah lipstik yang digunakan. Dalam unggahan Vlada, foto itu menggunakan lipstik glossy, sedangkan Kylie memilih lipstik matte untuk fotonya.

Alhasil, Vlada ngomel-ngomel di akun Instagramnya karena risih dengan Kylie yang terlalu 'terinspirasi' dengan mereka.

''Tidakkah kamu sudah cukup banyak terinspirasi dariku?'' tulisnya di caption perbandingan foto yang dia unggah lebih dulu dengan foto yang diunggah Kylie.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI