Skincare Hydrating dan Moisturizing, Bedanya Apa?

Kulit kering dan kurang kelembapan itu berbeda ya Girls!

By: Agung Pratnyawan icon Minggu, 28 Oktober 2018 icon 18:30 WIB
Skincare Hydrating dan Moisturizing, Bedanya Apa?

Ilustrasi skincare. (Unsplash/Humphrey Muleba)

Girls, mungkin masih ada diantara kalian yang sulit membedakan antara skincare yang bersifat moisturizing dan hydrating. Sekilas moisturizing dan hydrating memang terdengar sama namun secara teknis keduanya ternyata berbeda.

Moisturizing berfungsi untuk mengunci kelembapan dengan kandungan minyak, sedangkan hydrating sesuai dengan asal katanya, hydra yang berarti air, memiliki fungsi untuk menghidrasi kulit dengan kandungan air.

Untuk lebih mudahnya, jika kamu mendengar kata melembapkan pada produk kecantikan, maka itu merujuk pada produk yang oil based seperti pelembap yang terbuat dari Olive oil, Argan oil, Jojoba Oil, Mineral oil dan Shea butter.

Baca Juga: Hyaluronic Acid dan Manfaat di Baliknya

Karena fungsinya yang mengunci kelembapan, maka mositurizing juga hadir dengan berbagai 'bonus' tambahan seperti melembutkan dan menghaluskan kulit.

Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence. (Instagram/@avoskinbeauty)
Contoh skincare hydrating. (Instagram/@avoskinbeauty)

 

Produk kecantikan hydrating umumnya bersifat seperti air yang ringan dan cepat meresap di kulit. Beberapa produk seperti hydrating lotion biasanya di bekali dengan bahan glycerin dan hyaluronic acid untuk menghidrasi kulit.

Baca Juga: Ini Rahasia Kulit Halus dan Bercahaya ala Bella Hadid

Bagaimana membedakan kulit yang membutuhkan pelembap atau membutuhkan hidrasi?

Pada umumnya, kulit yang memiliki kandungan air yang cukup akan terlihat sehat dan jauh dari keluhan kusam. Kulit yang cukup hidrasi juga biasanya tidak memiliki tanda penuaan dini seperti garis halus dan keriput di wajah.

Jika kamu mengalami tanda-tanda diatas, bisa jadi kulitmu kurang hidrasi.

Cara alami untuk mengatasi kulit yang kurang hidrasi adalah rajin minum air putih 7-8 liter sehari dan mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup. Untuk mengatasi dari luar, pilih skincare yang bersifat menghidrasi seperti hydrating lotion.

Night Cream/innisfreeworld.com
Contoh skincare moisturizing. (Innisfreeworld)

 

Sedangkan kulit yang kurang kelembapan umumnya tampak kering, kasar, dan terkelupas. Hal ini terjadi karena kandungan minyak pada lapisan dalam kulit berkurang. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk memakai skincare yang berfungsi melembapkan seperti moisturizer cream dan sejenisnya.

Baca Juga: Kenali Bahaya Terlalu Banyak Pakai Pelembap untuk Kulit

Gimana Girls, sudah jelas kan tentang perbedaan antara moisturizing dan hydrating? Pengetahuan tentang keduanya sangat penting agar kita bisa memilih produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan kulit. Jadi, kamu butuh skincare yang menghidrasi atau melembapkan?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI