Beauty

Ini Lho, Arti Paraben Free di Kemasan Produk Skincare

Biar makin menambah wawasan di dunia skincare, nih.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Skincare Laneige. (Instagram/@laneigeid)
Skincare Laneige. (Instagram/@laneigeid)

Dewiku.com - Saat ini makin banyak wanita yang sadar akan pentingnya memilih produk skincare aman. Maka dari itu, teliti membaca kemasan produk skincare sebelum membelinya adalah kewajiban.

Saat membeli produk kecantikan atau skincare, biasanya terdapat tulisan kecil berisi keterangan umum yang tertulis di bagian kemasan. Pasti kamu sering melihat label bertuliskan 'Paraben Free' atau bebas paraben, kan? Sudah tahu arti di baliknya?

Paraben sendiri sebenarnya adalah bahan pengawet sintetis yang kerap dilabeli sebagai bahan kimia.

Paraben biasa digunakan untuk menjaga agar makanan, obat, kosmetik, serta produk skincare seperti deodorant atau sampo, jauh dari bakteri dan jamur sehingga lebih awet, terutama di tempat yang lembap.

Kemampuan mengawetkan yang efektif dengan biaya murah, membuat paraben kerap digunakan dalam banyak produk.

Biasanya untuk mengetahui kandungan paraben dalam sebuah produk, tinggal mencari kandungan yang memiliki akhiran –paraben, seperti methyilparaben, ethylparaben, propylparaben, butylparaben, isopropylparaben, isobutylparaben.

Ilustrasi kosmetik. (Pexels)
Ilustrasi skincare. (Pexels)

Dilihat dari fungsinya, sebenarnya paraben memiliki manfaat besar dalam menjaga kualitas sebuah produk agar tidak mudah terkontaminasi dengan jamur dan bakteri.

Namun penggunaan paraben mulai diragukan sejak sebuah studi di tahun 2004. Banyak yang mengaitkan penggunaan paraben dengan meningkatnya risiko kanker payudara.

Meski belum terbukti keabsahan penelitiannya, banyak yang percaya paraben dapat meninggalkan residu di beberapa organ termasuk paru-paru, jantung, hingga otak. Jika terakumulasi dalam waktu lama, paraben dapat menyebabkan penyakit serius seperti tumor dan kanker.

Sebenarnya paraben dalam jumlah kecil atau masih dalam batas yang diperbolehkan, tergolong aman kok untuk digunakan.

Tapi kalau kamu masih ragu, fokus saja pada produk skincare berlabel 'Paraben Free'. Dapat dipastikan produk tersebut tidak mengandung paraben alias bebas paraben.

Sehingga, jika digunakan dalam jangka panjang, dapat dipastikan produk tersebut tidak memberikan efek samping yang mengkhawatirkan bagi kesehatan tubuh.

Berita Terkait

Berita Terkini