5 Mitos Rambut Rontok yang Perlu Kamu Tahu

Belum terbukti kebenarannya!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 13 November 2018 icon 07:00 WIB
5 Mitos Rambut Rontok yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi rambut. (Pexels)

Selama ini, rambut rontok masih jadi momok menakutkan bagi banyak perempuan. Padahal, jika dalam sehari seseorang kehilangan 100 helai rambut itu masih dalam batas normal. Tak heran kemudian berseliweran mitos rambut rontok yang belum terbukti kebenarannya.

Mitos yang mana saja? Yuk, simak!

1. Terlalu sering keramas

Baca Juga: Wajib Coba, Ini 3 DIY Masker Alami untuk Rambut Rontok

Hal ini belum terbukti, lho. Keramas justru bisa membersihkan minyak pada kulit kepala yang memicu kerontokan rambut. Seperti diketahui, rambut yang kotor bisa menyebabkan gatal dan kita tergoda untuk menggaruknya.

Menggaruknya dengan kasar bakal memicu kerontokan rambut lebih parah. Untuk itu, keramaslah secara teratur 3 kali dalam seminggu.

2. Rambut rontok tidak tumbuh lagi

Baca Juga: Punya Rambut Rontok? Coba Bilas Rambut dengan Teh Hijau

Faktanya, setelah mengalami kerontokan rambut, kulit kepala akan memproduksi rambut baru untuk beregenerasi. Kerontokan rambut bersifat sementara dan tidak permanen sehingga kamu hanya perlu menemukan penyebab kerontokan dan mencari cara untuk mengatasinya. Penyebab kerontokan bisa dicegah supaya tidak lebih parah.

Rambut keriting. (Pixabay)
Rambut keriting. (Pixabay)

3. Hair massage mengurangi kerontokan rambut

Tidak ada hubungan antara hair massage dan mengurangi rambut rontok. Sirkulasi darah tidak meningkatkan pertumbuhan rambut. Hair massage lebih efektif untuk bikin kepala terasa rileks.

4. Stres sebabkan rambut rontok

Tidak sepenuhnya benar, karena tidak semua stres menyebabkan rambut rontok. Stres jangka panjang, gangguan tidur, atau berkurangnya nafsu makan bisa menjadi penyebab rambut rontok. Namun hal ini hanya terjadi pada beberapa individu yang memang kondisi mentalnya bermasalah sehingga mempengaruhi pertumbuhan rambut.

5. Pil KB sebabkan rambu rontok

Baca Juga: Mitos tentang Kesehatan Mental yang Perlu Kamu Tahu

Beberapa pil KB di masa lalu memang diketahui bisa memicu rambut rontok. Namun pil KB yang ada saat ini dan sudah mengalami perkembangan tidak berkaitan dengan rambut rontok.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI