Ini Penyebab Kulit Kering di Sekitar Hidung

Mengapa bisa muncul kulit kering d sekitar hidung kamu?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 16 November 2018 icon 09:15 WIB
Ini Penyebab Kulit Kering di Sekitar Hidung

Hidung. (Unsplash/Hadis Safari)

Kondisi kulit wajah apalagi di area tertentu memang sering berubah. Area yang paling sering menjadi langganan kulit kering adalah sekitar hidung. Kira-kira apa ya, penyebab kulit kering di sekitar hidung?

Bagi sebagian orang, ini memang tak menjadi masalah. Namun bagi yang sering mengalaminya, itu merupakan hal yang sangat menganggu. Apakah kamu salah satu orang yang mengalami masalah ini?

Jika iya, kamu harus tahu ada beberapa penyebab kulit kering di area sekitar hidung. Penasaran apa saja? Cek di bawah ini, yuk.

Baca Juga: 3 Manfaat Argan Oil untuk Kulit Wajah

1. Alergi

Jika kamu mengalami alergi tertentu, kulit di area hidungmu akan menjadi lebih kering dari biasanya. Apalagi kalau reaksi alergi membuatmu sering bersin-bersin dan menggosok hidung.

Itu akan membuat hidung kehilangan minyak alami. Akibatnya, area hidung menjadi kering hingga terlihat kemerahan.

Baca Juga: Tumit Kamu Pecah-Pecah? Mungkin Ini Penyebabnya

Ilustrasi wajah berkomedo. (Shutterstock)
Ilustrasi wajah berkomedo. (Shutterstock)

2. Penumpukkan skincare

Pemakaian skincare yang tak hanya sekali diaplikasikan ke wajah akan sangat mudah menyumbat pori-pori. Apalagi di area sekitar hidung. Hal ini juga menyebabkan produk menjadi terlalu keras untuk kulit dan memicu alergi yang menyebabkan kulit kering di sekitar hidung.

3. Cuaca

Cuaca panas maupun dingin memang sama-sama bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Kondisi yang terjadi pada kulit ketika dua cuaca ekstrem tersebut adalah minyak yang tersembunyi pada hidung dapat menghilangkan efek perlindungan dari sunscreen yang telah digunakan sebelumnya.

Ilustrasi perawatan wajah dengan garam laut. (Unsplash/Alex Perez)
Ilustrasi eksfoliasi wajah. (Unsplash/Alex Perez)

Akibatnya, area hidung yang lebih sensitif dari bagian wajah lainnya, langsung mendapat paparan sinar matahari atau udara dingin. Tentu ini akan membuat kulit di sekitar hidung menjadi kering dan mengelupas.

4. Terlalu sering eksfoliasi

Baca Juga: Girls, Kenali Jenis Eksfoliasi untuk Kulit Wajah Berbeda

Salah satu penyebab kulit kering di sekitar hidung adalah terlalu sering eksfoliasi. Kulit tidak bisa menerima eksfoliasi terlalu berlebihan. Kulit yang terlalu sering dieksfoliasi akan berisiko mudah kering, terkelupas, hingga iritasi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI