Tidak Perlu Ditiru, Ini 5 Mitos Makeup Paling Populer

Nomor 1 masih sering dilakukan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 04 Desember 2018 icon 18:30 WIB
Tidak Perlu Ditiru, Ini 5 Mitos Makeup Paling Populer

Perempuan mengenakan makeup. (Unsplash/Jhoe Alecrim)

Memakai makeup tidak hanya membuat wajah terlihat lebih hidup, tapi juga bikin makin percaya diri. Namun beda cerita jika kita salah mengaplikasikannya, apalagi percaya mitos makeup begitu saja. Bukannya tambah cantik, bisa-bisa makeup tersebut malah merusak tampilan keseluruhan.

Nah, untuk menghindarinya, pastikan sudah mengikuti cara yang benar, bukan mengikuti mitos makeup paling populer yang dilansir dari Boldsky berikut ini.

1. Mitos : Gunakan foundation pada area yang diperlukan saja

Baca Juga: Waduh, Perempuan Ini Meratakan Makeup Pakai Pancake

Fakta : Foundation sering digunakan untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit wajah. Banyak foundation yang dijual di pasaran kini yang sudah memberi hasil natural meski digunakan di seluruh wajah.

Selain itu, sebagian besar foundation sudah dilengkapi tabir surya dan komponen anti penuaan yang akan membantu menjaga kulit agar tampak sehat dan muda. Jika tidak diaplikasikan pada seluruh wajah, akan terbentuk dempul yang tidak alami.

Powerstay Matte Powder Foundation. (Instagram/@makeoverid)
Powerstay Matte Powder Foundation. (Instagram/@makeoverid)

2. Mitos : Maskara harus diaplikasikan pada bulu mata atas dan bawah

Baca Juga: Sering Pakai Makeup, Bocah Laki-Laki Ini Jadi Selebgram Kaya

Fakta : Maskara membuat mata jadi terlihat lebih hidup dengan sentuhan dramatisnya. Banyak yang kemudian terbiasa mengaplikasikannya di bagian atas dan bawah.

Tapi faktanya, maskara harus diterapkan pada bulu mata bagian atas saja. Menerapkannya juga pada bulu mata bawah malah akan membuat lingkaran hitam dan kerutan di bawah mata lebih menonjol.

Penasaran dengan mitos makeup lainnya?

Beberapa hal yang kita dengar, ketahui, dan yakini tentang makeup ternyata hanyalah mitos. Berikut adalah sejumlah mitos makeup paling populer yang sebaiknya tidak perlu kamu lakukan lagi.

3. Mitos : Bronzer harus diterapkan pada area yang terkena sinar matahari

Fakta : Kulit kita menjadi sedikit pucat saat kita bertambah tua. Oleh karena itu, untuk mengatasinya bisa memakai bronzer. Memulaskan bronzer sesuai dengan warna kulit dapat membuatnya lebih cerah. Tidak hanya di area yang terkena sinar matahari.

Perempuan menggunakan makeup. (Unsplash/Roberto Delgado Webb)
Perempuan menggunakan makeup. (Unsplash/Roberto Delgado Webb)

4. Mitos : Mengoleskan shimmer di sudut mata agar lebih cerah

Fakta : Ini adalah kesalahan makeup paling umum yang kita semua pernah lakukan. Tetapi jika kamu adalah seseorang yang memiliki keriput di bawah mata, maka cara ini adalah BIG NO. Ini karena menerapkan shimmer di sudut mata pasti akan ikut menyoroti kerutan dan lingkaran hitam mata.

5. Mitos : Oleskan blush on di bagian apple cheecks

Fakta : Blush on tidak selalu harus diterapkan pada apple cheecks atau pipi bagian depan. Kamu juga bisa mengaplikasikan blush on merah muda pada titik tertinggi dari tulang pipi menggunakan sapuan ke atas untuk tampilan yang lebih hidup.

Baca Juga: 6 Trik Simpel Bikin Makeup Awet Seharian

Itulah tadi beberapa mitos makeup yang sebaiknya tidak perlu kamu percaya lagi. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI