Beauty

Pakai Jasa Endorse Artis, Produk Kosmetik Jelas Aman?

Sepertinya tidak selalu begitu.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

Ilustrasi kosmetik. (Pexels)
Ilustrasi kosmetik. (Pexels)

Dewiku.com - Polda Jawa Timur baru saja mengungkap kasus peredaran kosmetik ilegal, Selasa (4/12/2018) kemarin. Hebohnya lagi, produk dengan merek DSC Beauty tersebut dipromosikan dengan mengandalkan endorse dari sejumlah artis.

Kosmetik ilegal tersebut diperjualbelikan secara online. Tersangka KIL membayar artis untuk mengiklankan produk mereka atau yang kerap disebut dengan endorse. Ironisnya, artis yang mengiklankan produk ini disebut tidak mengetahui kalau produk bersangkutan ilegal. Waduh!

Sebagai cewek smart, sebaiknya kita nggak semudah itu percaya dengan produk-produk yang dipromosikan oleh artis. Berikut deretan alasan yang bisa bikin kamu berpikir dua kali sebelum beli kosmetik yang menggunakan jasa endorse artis.

Artis belum tentu sudah cari tahu tentang barang tersebut

Pihak kepolisian yang mengamankan kosmetik ilegal ini mengatakan jika artis-artis yang mempromosikan produk ini tidak tahu jika produk tersebut ilegal.

Itu artinya, masih ada beberapa artis yang asal menerima produk untuk jasa endorse tanpa mencari tahu lebih lanjut tentang produk yang mereka promosikan. Ngeri, yah?

Ilustrasi kosmetik. (Shutterstock)
Ilustrasi kosmetik. (Shutterstock)

Belum tentu si artis mencoba produknya

Ketika artis mempromosikan sebuah produk kosmetik, belum tentu mereka mencoba produknya lebih dulu. Ingat, bagaimanapun mereka dibayar untuk meyakinkan netizen, belum tentu harus menggunakannya juga.

Meski begitu, nggak semua artis seperti itu, kok. Nyatanya masih ada artis-artis lain yang cukup teliti untuk menerima endorse. Jadi kita juga harus jeli, Girls!

Ilustrasi produk kosmetik palsu dan ilegal. (Suara.com/Risna Halidi)
Ilustrasi produk kosmetik ilegal. (Suara.com/Risna Halidi)

Karena hasil skincare bisa berbeda untuk setiap kulit

Nah, ini adalah hal yang paling dasar, yaitu nggak semua kosmetik cocok di kulit kita. Barangkali kamu melihat si A cocok memakai skincare yang ini, tapi ketika kita pakai, hasilnya belum tentu seperti itu. Ya, kan?

Nah, sebelum memutuskan beli skincare, sebaiknya pikirkan baik-baik terlebih dulu. Apakah produk yang kamu beli benar-benar asli dan terjamin? Selamat hunting kosmetik, ya!

Berita Terkait

Berita Terkini