Beauty

Selain Sampo, Coba Keramas dengan 3 Bahan Alami Ini

Tak hanya membuat rambut bersih, tapi juga sehat dan berkilau.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi

Ilustrasi rambut. (Shutterstock)
Ilustrasi rambut. (Shutterstock)

Dewiku.com - Terlihat sangat mustahil jika keramas tidak memakai sampo. Namun ternyata, kamu bisa banget pakai bahan alami untuk keramas. Apa saja, ya?

Selain lebih natural tanpa kandungan senyawa kimia, bahan alami tersebut sangat mudah didapatkan. Kamu bisa menggunakan kombinasi bahan alami sebagai sampo.

Kandungan alami yang dimiliki bahan-bahan herbal dan tanpa senyawa kimia juga menjadikan rambut jauh lebih sehat. Kira-kira bahan alami apa saja yang bisa digunakan sebagai sampo?

1. Lemon dan mentimun

Lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu memecah penumpukkan sebum sehingga menambah kilau rambut. Sedangkan mentimun memberikan efek pendinginan yang dapat menenangkan kulit kepala dan melembutkan rambut.

Lemon dan es batu. (Pixabay/Riedelmeier)
Lemon dan es batu. (Pixabay/Riedelmeier)

Caranya gampang banget. Kamu cukup campurkan jus lemon dan jus mentimun, kemudian aplikasikan pada rambut sebagai sampo. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas sampai bersih.

Jika ingin hasil yang maksimal, lakukan perawatan rambut ini minimal dua kali dalam seminggu. Kamu akan mendapatkan hasil rambut yang indah berkilau.

2. Lidah buaya

Perawatan kulit dengan lidah buaya. (Shutterstock)
Perawatan kulit dengan lidah buaya. (Shutterstock)

Lidah buaya mengandung anti bakteri, antiseptik, emolien yang berfungsi membantu membersihkan kulit kepala, mengontrol produksi minyak berlebih, menyehatkan helai rambut, dan merangsang pertumbuhan rambut.

Dengan manfaat yang banyak untuk rambut, kamu tak perlu lagi menggunakan sampo yang memiliki kandungan kimia saat keramas. Caranya gampang banget, basahkan rambut seperti biasa, kemudian aplikasikan lidah buaya seperti sampo, bilas hingga bersih.

3. Baking soda dan minyak almond

Almond. (Unsplash/Tetiana Bykovets)
Almond. (Unsplash/Tetiana Bykovets)

Bahan alami yang bisa buat keramas selanjutnya adalah baking soda dan minyak almond. Baking soda berfungsi menghilangkan kotoran di kulit kepala dan rambut. Sedangkan minyak almond berfungsi sebagai kondisioner.

Caranya, campurkan baking soda, air, dan minyak almond. Oleskan campuran tersebut dari kulit kepala hingga ujung rambut. Pijat kulit kepala dengan lembut dan diamkan hingga 15 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih.

Berita Terkait

Berita Terkini