Jangan Panik, Ini Tips Dasar untuk Meredakan Inflamasi

Caranya cukup sederhana.

By: Dinar Surya Oktarini icon Senin, 10 Desember 2018 icon 09:00 WIB
Jangan Panik, Ini Tips Dasar untuk Meredakan Inflamasi

Kulit dehidrasi. (Pexels)

Inflamasi atau peradangan pada kulit dapat terjadi setiap saat. Tanda-tandanya seperti sunburns, jerawat kemerahan, kekeringan, dan lainnya.

Inflamasi bisa disebabkan oleh banyak faktor antara lain paparan matahari, alasan alergi, kekurangan tidur, infeksi dan banyak lagi. Faktor tersebut membuat kemerahan pada kulit karena ada aliran darah tiba-tiba saat melawan bakteri.

Dilansir dari Boldsky, berikut tips mengobati dan meredakan inflamasi secara alami yang perlu kamu tahu.

1. Gunakan air dingin
Membilas wajah dengan air dingin akan membantu meredakan peradangan pada kulit. Disarankan untuk menghindari penggunaan loofas atau lulur kasar. Selain itu, pastikan kamu tidak merendam diri dalam air untuk waktu yang lama karena ini dapat mengikis minyak alami yang dihasilkan oleh kulit.

Ilustrasi cuci muka. (Pexels)
Ilustrasi cuci muka. (Pexels)


2. Hindari terlalu banyak terpapar sinar matahari
Paparan sinar matahari adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan peradangan pada kulit. Ada kemungkinan lebih besar kerusakan kulit jika terkena sinar matahari untuk waktu yang lama terutama jika kulitmu cenderung sensitif.

Pastikan sebelum keluar rumah, lindungi kulitmu dengan topi, syal, sunscreen, dan kacamata hitam.

3. Pelembap adalah kunci
Peradangan sering membuat lapisan luar kulit kering. Pelembab akan membantu dalam menghidrasi kulit dan melindungi lapisan luar kulit sampai kulit memperbaiki dengan sendirinya.

Pastikan untuk memilih pelembap yang memiliki sifat anti-inflamasi bersama dengan sifat pendinginan untuk menenangkan kulit.

Pelembap. (Pexels)
Pelembap. (Pexels)

 


4. Pakai pakaian longgar
Peradangan pada kulit terkadang menyebabkan iritasi, gatal dan kemerahan. Kalau kamu mengenakan pakaian ketat itu menyebabkan kerusakan lebih pada kulit yang sudah meradang karena adanya gesekan. Memakai pakaian longgar dan membiarkan kulit bernafas sangat penting dalam menjaga kulit sehat dan lembut.

5. Pilih diet tepat
Hanya merawat kulit secara eksternal tidak dapat menyembuhkan peradangan pada kulit. Penting juga untuk menjaganya dari dalam. Mempertahankan diet yang tepat dapat sangat membantu dalam kasus ini. Cobalah untuk memasukkan lebih banyak sayuran hijau dan buah-buahan dalam dietmu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI